Monday, 6 May 2024
HomeNasionalGempa Terkini Magnitudo 6,2 Guncang Kabupaten Aceh Singkil

Gempa Terkini Magnitudo 6,2 Guncang Kabupaten Aceh Singkil

Bogordaily.net – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan info gempa terkini yang terjadi dengan pusat gempa berada pada 47 km Tenggara Kabupaten Singkil, dengan kekuatan magnitudo 6,2 yang mengguncang Kabupaten Singkil, , subuh sekitar pukul 05.30 , 16 Januari 2023.

Berdasarkan analisis BMKG, episenter gempa bumi terkini berlokasi di Lok:1.91 LU,97.83 BT.

“47 km tenggara Kab. Singkil,” demikian tulis pernyataan BMKG.

Gempa tersebut tercatat terjadi di kedalaman 23 kilometer.

BMKG menyebutkan, bahwa gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Sampai berita ini diturunkan belum diketahui berapa jumlah kerusakan bangunan dan korban jiwa yang disebabkan oleh gempa.

Kejadian ini sempat menyebabkan warga sekitar panik, dikarenakan gempa dirasakan 3-10 detik di empat kabupaten yakni Kabupaten Singkil, Kabupaten Tapanuli Tengah, Kabupaten Nias Utara, dan Kabupaten Selatan.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Singkil melaporkan pihaknya segera menerjunkan tim reaksi cepat ke wilayah yang merasakan guncangan. Tim BPBD menelusuri wilayah lokasi guncangan untuk pengecekan potensi dampak kerusakan.

“Aktivitas warga tetap normal pascakejadian ini. Hingga kini, dilaporkan tidak ada dampak korban jiwa,” dikutip , 16 Januari 2023.

BNPB telah berkoordinasi dengan BPBD setempat dan memonitor situasi pascagempa melalui Pusdalops BNPB. Masyarakat diimbau untuk waspada dan siap siaga terhadap potensi gempa susulan.

Pastikan sumber informasi terkait gempa terkini di Singkil diperoleh dari sumber yang dapat dipertanggung jawabkan.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here