Sunday, 28 April 2024
HomeBeritaGereja Inggris Tolak Menikahkan Pasangan Sesama Jenis

Gereja Inggris Tolak Menikahkan Pasangan Sesama Jenis

Bogordaily.net–  , dan lesbian ditolak dilayani Gereja . Keputusan tersebut tertuang dalam proposal yang dirilis di situs gereja .

Dikutip dari CNN Indonesia, mereka pun meyakini pernikahan hanya bisa dilakukan antara laki-laki dan perempuan.

“Pasangan sesama jenis masih belum bisa menikah di Gereja Inggris,” demikian pernyataan tersebut, seperti dikutip Reuters.

Dalam proposal terungkap bahwa para uskup baru bisa memberi izin pemberkatan pernikahan di gereja usai pasangan sesama jenis melakukan pernikahan secara sipil.

“[Pasangan sesama jenis bisa menggelar kebaktian di mana] akan ada doa pengabdian, ucapan syukur atau untuk berkat tuhan atas pasangan tersebut,” sambung proposal tersebut.

Namun, layanan itu bersifat sukarela. Para pemimpin spiritual bisa memilih tak memberikan berkat dalam di gereja.

“Saya tak berangan-angan bahwa apa yang kami usulkan hari ini tampak progresif bagi beberapa orang dan tak cukup bagi orang lain,” kata Welby.

“Namun, harapan saya bahwa apa yang sudah kita sepakati bakal diterima dalam semangat kemurahan hati, mencari kebaikan bersama,” sambungnya.

Sementara itu proposal itu muncul setelah para uskup melakukan serangkaian pertemuan dalam beberapa bulan terakhir membahas .

menjadi perdebatan di dalam gereja selama enam tahun belakangan.

Badan Pengurus Gereja Inggris, Sinode Umum, berharap bisa membahas proposal itu secara rinci dan meresmikannya saat pertemuan Februari mendatang.

Di sisi lain, Inggris telah mengesahkan pada 2013 lalu. Namun, keputusan ini tak disambut semua pihak termasuk pemuka agama dan tokoh-tokoh gereja.

Gereja Inggris yang didirikan pada 1534, telah terpecah selama bertahun-tahun tentang bagaimana menangani , dengan aktivis lesbian, , biseksual dan transgender (LGBT).***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here