Friday, 26 April 2024
HomeNasionalGunung Anak Krakatau Delapan Kali Alami Erupsi Hari Ini

Gunung Anak Krakatau Delapan Kali Alami Erupsi Hari Ini

Bogordaily.net – Gunung Anak Krakatau beberapa kali mengalami pada hari ini Senin 23 Januari 2023. Tinggi kolom abu rata-rata mencapai 300 meter di atas puncak gunung.

Berdasarkan informasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Gunung Anak Krakatau yang berada di Selat Sunda, Provinsi Lampung, beberapa kali mengalami sejak semalam.

Menurut Andi Suardi sebagai Kepala Pos Pantau Gunung Anak Krakatau di Hargopancuran, Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan, masih terjadi pada Senin 23 Januari 2023 pagi.

Dalam keterangan yang dilansir Antara, PVMBG mencatat Gunung Anak Krakatau terjadi pada Senin 23 Januari 2023 pukul 00.41 WIB dan pukul 04.42 WIB. Akan tetapi, abu letusannya tidak teramati.

selanjutnya terjadi pada pukul 06.07 WIB dengan tinggi kolom letusan sekitar 300 meter di atas puncak atau 457 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Letusan yang terekam seismograf memiliki amplitudo maksimum 50 mm dan durasi 80 detik itu menimbulkan kolom abu berwarna kelabu tebal mengarah ke timur.

Kemudian pada pukul 07.01 WIB, Gunung Anak Krakatau kembali mengalami dengan tinggi kolom letusan sekitar 300 meter di atas puncak atau 457 mdpl dan kolom abu berwarna kelabu tebal mengarah ke timur. itu terekam seismograf memiliki amplitudo maksimum 50 mm dan durasi 27,5 detik.

Selanjutnya pada pukul 07:58 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 200 m di atas puncak (± 357 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna kelabu hingga hitam dengan intensitas tebal ke arah tenggara.

Pada pukul 07:59 WIB, dengan tinggi kolom abu teramati ± 500 m di atas puncak (± 657 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna kelabu hingga hitam dengan intensitas tebal ke arah tenggara.

ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 60 mm dan durasi 143 detik,” jelas dalam laman website.

Selanjutnya, pada pukul 08:08 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 300 m di atas puncak (± 457 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna kelabu hingga hitam dengan intensitas tebal ke arah tenggara. ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 53 mm dan durasi 121 detik.

Gunung Anak Krakatau pada pukul 09.28 WIB kembali mengalami dengan tinggi kolom letusan sekitar 300 meter di atas puncak atau kurang lebih 457 mdpl dan kolom abu kelabu tebal mengarah ke tenggara. Letusan itu terekam seismograf memiliki amplitudo maksimum 53 mm dan durasi 38 detik.

PVMBG mengimbau kepada masyarakat atau wisatawan untuk tidak mendekat Gunung Anak Krakatau atau beraktivitas dalam radius 5 kilometer dari kawah aktif.

“Masyarakat/pengunjung/wisatawan/pendaki tidak mendekati Gunung Anak Krakatau atau beraktivitas dalam radius 5 km dari kawah aktif,” imbau PVMBG.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kujungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here