Monday, 22 April 2024
HomePolitikHasil Survei LSI: Ganjar Unggul, Anies dan Prabowo Beda Tipis

Hasil Survei LSI: Ganjar Unggul, Anies dan Prabowo Beda Tipis

Bogordaily.net–  Lembaga Survei Indonesia (LSI) melakukan survei simulasi tiga nama pilihan presiden. Hasil menunjukkan yang kini menjadi Gubernur Jawa Tengah unggul sebagai calon presiden 2024, disusul Anies Baswedan dan Prabowo Subianto.

unggul dengan meraih persentase sebanyak 36,3 persen.  Kemudian posisi kedua ditempati Anies Baswedan yang memperoleh 24,2 persen dan posisi ketiga Prabowo Subianto 23,2 persen

“(Ganjar unggul) dibanding pesaingnya nomor dua yakni Anies 24,2 persen diikuti oleh Prabowo 23,2 persen,” kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan secara daring, dikutip dari Suara.com, Minggu, 22 Januari 2023.

Perolehan persentase yang beda tipis itu membuat Anies dan Prabowo bersaing ketat dan kompetitif tahun ini.

“Jadi Prabowo sama Anies pada Januari 2023 ini berada pada posisi yang saling kejar atau pada posisi yang sama, kompetitif,” jelas Djayadi.

Sementara itu survei dilakukan LSI pada 7-11 Januari 2023. Populasi survei ini adalah warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon/cellphone, sekitar 83% dari total populasi nasional.

Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD). RDD adalah teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak.

Melalui teknik RDD sampel sebanyak 1221 responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening. Margin of error survei diperkirakan ±2.9% pada tingkat kepercayaan 95%, asumsi simple random sampling.

Sementara itu pada survei lainnya beberapa waktu lalu, Ganjar juga unggul. Dalam survei Charta Politika meraih elektabilitas capres tertinggi yakni sebesar 31,7 persen, kemudian Anies Baswedan dengan elektabilitas 23,9 persen dan Prabowo Subianto 23 persen.

Survei dilakukan sejak 8 sampai 16 Desember 2022 melalui wawancara tatap muka secara langsung. Jumlah sampel sebanyak 1.220 responden yang tersebar di 34 Provinsi.

Sampel dipilih menggunakan metode acak bertingkat (multistage random sampling) dengan margin of error ± 2,83% pada tingkat kepercayaan 95 persen.

“Masih Ganjar dengan elektabilitas 31,7 persen,” kata Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya, Kamis, 22 Desember 2022.

Selanjutnya di urutan keempat ada nama Ridwan Kamil 5,8 persen, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 2,3 persen, Sandiaga Uno 2 persen. Lalu Puan Maharani 1,5 persen, Khofifah Indar Parawansa 1,2 persen, Erick Thohir 1,1 dan Airlangga Hartarto 0,7 persen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here