Friday, 19 April 2024
HomeBeritaIlmuwan Internasioanal Temukan Meteorit Langka Seberat 17 Pon di Antartika

Ilmuwan Internasioanal Temukan Meteorit Langka Seberat 17 Pon di Antartika

Bogordaily.net internasional telah menemukan lima meteorit langka dari , dan salah satunya hampir 8kg (17 pon). Yang menakjubkan dari penemuan ini adalah menemukan meteorit sebesar ini jarang terjadi.

Tim tersebut termasuk Field Museum dan peneliti University of Chicago Maria Valdes.

Dilansir dari Space, Rabu, 25 Januari 2023, tim memperkirakan dari 45 ribu meteorit yang ditemukan hingga saat ini dari gurun es , hanya 100 meteorit yang beratnya 16,7 pon atau sekitar 7,6 kg.

“Ukuran tidak selalu penting dalam hal meteorit, dan bahkan mikrometeorit kecil pun bisa sangat berharga secara ilmiah, tetapi tentu saja, menemukan meteorit besar seperti ini jarang terjadi dan sangat menarik,” kata Valdes dalam sebuah pernyataan.

Tim yang dipimpin oleh Vinciane Debaille, seorang planet di Universite Libre de Bruxelles (FNRS-ULB) di Belgia, adalah yang pertama menjelajahi situs meteor potensial baru yang telah dipetakan menggunakan citra satelit.

“Berpetualang menjelajahi daerah yang tidak diketahui memang mengasyikkan, tetapi kami juga harus menghadapi fakta bahwa realita di lapangan jauh lebih sulit daripada keindahan gambar satelit,” kata Debaille dalam pernyataannya.

Maria Valdes, seorang peneliti di Field Museum of Natural History Chicago dan University of Chicago yang merupakan bagian dari tim ekspedisi, telah menyimpan beberapa materi untuk analisisnya sendiri.

Karakteristik lain yang membedakan adalah berat spesimen potensial. Meteorit akan jauh lebih berat untuk ukurannya daripada batuan Bumi biasa karena dikemas dengan logam padat.

Kondisi yang dialami para peneliti sangat melelahkan. Menurut rilis berita dari Field Museum, meskipun Valdes dan tiga lainnya menjalankan misi mereka selama musim panas di benua itu yang menawarkan siang hari selama 24 jam, namun suhu masih berkisar sekitar 14 derajat Fahrenheit (minus 10 derajat Celcius),

Tim peneliti menghabiskan waktu sekitar satu setengah minggu dengan pemandu medan kutub, tinggal di tenda-tenda yang dipasang di medan es.

Namun, Valdes mengatakan dia dan rekan-rekannya juga menghabiskan waktu di stasiun penelitian Belgia di dekat pantai , tempat mereka menikmati makanan hangat seperti keju, seperti fondue.

Mengenai penelitian di masa depan, kabar baiknya, Valdes menambahkan, lima meteorit yang dia dan rekan-rekannya temukan dalam ekspedisi ini hanyalah puncak gunung es.

“Saya ingin sekali kembali ke sana, pasti,” katanya.

“Berdasarkan studi satelit, setidaknya ada 300.000 meteorit yang menunggu untuk dikumpulkan di . Dan semakin besar (jumlah) sampel yang kita miliki, semakin baik kita memahami tata surya kita,” lanjutnya.

Tim merencanakan perjalanan mereka untuk musim panas Antartika, pada akhir Desember, tetapi suhu di wilayah tersebut masih berkisar sekitar 14 derajat Fahrenheit (-10 derajat Celcius). Valdes mengatakan di beberapa titik selama misi, Antartika sebenarnya lebih hangat daripada Chicago.

Tetapi cuaca terasa lebih ekstrem bagi tim karena hari-hari yang dihabiskan dengan mengendarai mobil salju dan berjalan kaki melintasi padang es dan menghabiskan malam dengan tidur di tenda.

Dengan kondisi yang sangat dingin bahkan di tengah musim panas, Antartika mungkin tampak seperti tempat yang tidak mungkin dikunjungi siapa pun.

Namun, bagi pemburu meteorit seperti tim ini, pemandangan dingin ini menawarkan peluang unik. Alasannya karena Antartika adalah salah satu tempat terbaik di dunia untuk berburu meteorit.

Antartika adalah gurun dengan iklim kering, yang mengurangi jumlah pelapukan yang dialami oleh meteorit. Selain itu, di lanskap bersalju putih, rona hitam bebatuan luar angkasa ini menonjol saat berada di permukaan wilayah tersebut.

Kondisi di Antartika bahkan mendukung penemuan meteorit yang mungkin tenggelam di bawah salju dan es. Ini karena mengaduk gletser yang bergerak melawan batu dapat mengekspos kembali meteorit di dekat permukaan.(*)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here