Friday, 29 March 2024
HomeBeritaIngat Waktu, Ini 6 Bahaya Memakai Headset Terlalu Lama

Ingat Waktu, Ini 6 Bahaya Memakai Headset Terlalu Lama

Bogordaily.net – Mendengarkan musik di handphone (HP) menggunakan punya banyak dampak baik hingga buruk. digunakan untuk berkomunikasi atau mendengarkan suara secara pribadi tanpa harus membuat orang lain terganggu. Saking enaknya dan tidak ingat waktu, pemakaian yang terlalu lama juga bisa bahaya untuk kesehatan.

Jenis ini juga terbagi menjadi dua yakni wired dan wireless . Kedua jenis ini dapat digunakan untuk berbagai macam aktivitas, seperti gaming, telepon, berkomunikasi melalui aplikasi, dan sebagainya.

Berikut delapan masalah yang bisa Anda hadapi jika memakai earphone lebih lama dilansir dari Health Shots. Simak beberapa bahaya memakai terlalu lama:

1. Pusing

Pertama, ada dampak yang paling signifikan apabila tubuh tidak bisa menerima suara terlalu lama.

Saat anda mendengarkan musik atau berbicara melalui earphone, dan mulai merasakan kebisingan yang keras yang bisa meningkatkan tekanan di liang telinga. Nantinya, aktivitas berikut, akan membuat Anda merasa pusing, sehingga memakai atau earphone juga bisa membuat sakit kepala.

2. Gangguan pendengaran

Dengan membiarkan memakai earphone atau terlalu lama, Anda akan merugikan diri sendiri. Anda akan terkejut mengetahui bahwa kebiasaan mendengarkan yang tidak aman melalui earphone dapat menyebabkan gangguan pendengaran permanen atau sementara.

Studi menyebutkan, sel-sel rambut cenderung kehilangan sensitivitasnya karena getaran dan terlalu banyak membungkuk. Tentunya, ini akan menyebabkan gangguan pendengaran sementara atau permanen setelah pemakaian headset.

3. Infeksi telinga

Earphone yang langsung dicolokkan ke liang telinga dan memblokir saluran udara. Apabila dilakukan dalam jangka waktu lama, hal ini dapat mengundang infeksi telinga.

Memakai headset terlalu lama menganggu pertumbuhan bakteri dan tetap menempel di earphone.

Selain itu, dapat menginfeksi telinga jika dilakukan dengan waktu yang meningkat. Jadi, hindari berbagi earphone karena bakteri yang sama akan dipindahkan dari telinga Anda ke orang yang berbagi earphone dengan Anda.

4. Kotoran telinga

Melansir dari Health Shots, seorang dokter di India bernama Dr Agarwal ungkap bahwa penggunaan headset terlalu lama bisa menambah pertumbuhan kotoran terlinga.

“Kemudian berhati-hatilah karena penggunaan earphone dalam durasi yang lebih lama akan menyebabkan berkembangnya kotoran telinga yang meningkatkan risiko infeksi telinga, masalah pendengaran, atau tinitus,” ungkap Dr Agarwal.

5. Sakit telinga

Ada masalah lain yang harus dihadapi saat menggunakan earphone untuk waktu yang lama. Pemakaian headset atau earphone turut memicu rasa sakit dan nyeri di telinga bagian dalam.

Ini adalah efek samping penggunaan earphone berjam-jam, sehingga mengenakan earphone selama berjam-jam dapat menyebabkan sakit telinga.

6. Gangguan pendengaran akibat kebisingan (NIHL)

Saat suara yang dipancarkan pada volume yang tinggi, tentu akan menyebabkan kebisingan. Apabila itu terjadi, NIHL dapat terjadi tidak hanya karena suara keras tetapi menggunakan earphone untuk waktu yang lama.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here