Saturday, 4 May 2024
HomeBeritaJadi Mata-Mata Inggris, Eks Wamen Pertahanan Iran Dihukum Mati

Jadi Mata-Mata Inggris, Eks Wamen Pertahanan Iran Dihukum Mati

Bogordaily.net–  Mantan Wakil Menteri (Wamen) Pertahanan Alireza Akbari dijatuhi . Alireza Akbari dituduh jadi mata-mata untuk Inggris.

Dikutip dari CNN Indonesia, Mahkamah Agung telah memutuskan hukuman tersebut kepada mantan wamen pertahanan mereka.

“Dia adalah salah satu agen paling penting dari dinas intelijen Inggris di yang memiliki akses ke beberapa pusat yang sangat sensitif di negara itu. Akbari dengan sengaja memberikan informasi kepada dinas mata-mata musuh,” kata Kementerian Intelijen dikutip Reuters, Kamis, 12 Januari 2023.

terhadap Alireza Akbari kemudian menjadi sorotan. Inggris bahkan menilai hukuman mati tersebut bermotivasi politik dan meminta mencabutnya.

Menteri Luar Negeri Inggris James Cleverly menyerukan agar Akbari dibebaskan.

harus menghentikan eksekusi warga negara Inggris- Alireza Akbari dan segera membebaskannya,” tulis Cleverly di Twitter.

“Ini adalah tindakan bermotivasi politik oleh rezim barbar yang sama sekali mengabaikan kehidupan manusia,” sambungnya.

Sementara itu Akbari menjabat sebagai wakil menteri pada tahun 1997 hingga 2005 dengan Ali Shamkhani sebagai Menteri Pertahanan. Ia ditangkap pada 2019 lalu.

Di sisi lain, sebelumnya juga menjatuhkan vonis hukuman lima tahun penjara kepada aktivis Faezeh Hashemi, putri dari mantan Presiden Akbar Hashemi Rafsanjani, Selasa, 10 Januari 2023.

“Menyusul penangkapan Faezeh Hashemi, dia dijatuhi hukuman lima tahun penjara tetapi hukumannya belum final,” kata pengacara Hashemi, Neda Shams, melalui akun Twitternya.

Shams tak menjelaskan dakwaan pada Hashemi. Namun, menurut kantor berita ISNA, jaksa penuntut umum Teheran mendakwa Hashemi tahun lalu atas tuduhan propaganda melawan sistem.

Pada September lalu, Hashemi ditangkap pihak berwenang karena dituduh menghasut kerusuhan di Teheran selama demo besar-besaran memprotes kematian Mahsa Amini.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here