Tuesday, 23 April 2024
HomeBeritaJangan Dibiarkan, Ini 5 Cara Alami Hilangkan Tumit Kaki Kering dan Pecah-pecah

Jangan Dibiarkan, Ini 5 Cara Alami Hilangkan Tumit Kaki Kering dan Pecah-pecah

Bogordaily.net – Tumit kaki sering kali terasa kasar dan kering, meski sudah menggunakan pelembap. Kulit di area kaki memang tidak memiliki banyak minyak, sehingga sulit untuk menjaga kelembapannya. Namun, ada alami berikut ini yang mampu menghilangkan tumit dan pecah-pecah.

Berikut ini beberapa yang bisa kamu lakukan untuk membantu mengatasi permasalah kulit tumit kaki yang kasar dan kering, yang bisa dilakukan di rumah.

Biasanya tumit yang kering dan pecah-pecah disebabkan oleh iritasi dan alergi terhadap bahan tertentu. Misalnya saja, paparan terus-menerus terhadap air detergen.

Berikut ini alami yang mampu menghilangkan tumit dan pecah-pecah.

1. Minum banyak air

Bila Anda tidak minum cukup air, mulut dan tenggorokan terasa kering dan serak. Hal yang sama pun berlaku pada kulit. Minum banyak air akan membuat kulit Anda lembap, sehingga dapat pulih secara perlahan.

2. Oleskan pelembap secara rutin

Kaki yang kulitnya pecah-pecah perlu rutin diolesi pelembap. Ada beberapa jenis dan kandungan pelembap yang bisa digunakan, seperti minyak mineral, gliserin, dan urea. Salah satu jenis pelembap yang baik digunakan untuk adalah petroleum jelly.

Pelembap bisa digunakan pada pagi dan malam hari. Oleskan pelembap pada kulit kaki yang bermasalah, lalu kenakan kaus kaki yang nyaman agar pelembap dapat terserap lebih baik. Pelembap ini akan memperbaiki kulit yang rusak dan menjaga kelembapan kulit, sehingga kaki yang pecah-pecah dapat pulih.

3. Hindari mandi dengan air panas

Jika Anda ingin berendam atau mandi dengan shower, usahakan untuk tidak menggunakan air panas, ya.

Hal ini karena mandi dengan air panas dapat membuat kulit cepat kering dan rusak, sehingga sulit membaik.

4. Bersihkan dengan batu apung

Batu apung bisa dipakai untuk menggosok kaki dan menghilangkan kulit kering dan kapalan di kaki.

Caranya yakni dengan merendam kaki dalam air hangat untuk melembutkan kulit mati, selanjutnya basuhi batu dengan air hangat dan gosok perlahan ke permukaan kulit, lalu bilas. Keringkan dengan handuk dan beri lotion.

5. Rendam kaki

kedua yang bisa kamu praktikkan adalah merendam kaki di dalam air hangat. ini bisa membantu menenangkan dan mengendurkan kulit kering sekaligus meningkatkan sirkulasi darah ke kaki. Fungsinya, hal ini dapat membantu mencegah kulit kering di kemudian hari.(*)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here