Friday, 19 April 2024
HomeHiburanJangan Panik! Ini 6 Cara Mengatasi Hp Kemasukan Air

Jangan Panik! Ini 6 Cara Mengatasi Hp Kemasukan Air

Bogordaily.net – Setiap barang elektronik seperti contohnya ponsel pasti tidak lepas dari masalah, umumnya yang sering terjadi adalah jatuh atau . HandPhone (HP) yang dapat menyebabkan kerusakan mesin di dalamnya. Namun, jangan panik. Berikut ini enam (6) mengatasi hp yang .

Hp yang kemasukan air memang bisa membuat kita panik, sebab air bisa berpotensi merusak komponen yang ada di dalam ponsel sehingga membuatnya mati total dan tidak bisa digunakan kembali.

Lalu bagaimana solusinya? Sebelum membawa ke service center, ada beberapa mengatasi hp kemasukan air yang bisa kamu lakukan dengan mudah tanpa harus merasa panik.

Berikut ini enam (6) mengatasi hp yang kemasukan air.

1. Matikan HP dan Segera Keringkan

mengatasi hp kemasukan air yang pertama yaitu dengan mematikan perangkat sesegera mungkin. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari penyebaran kerusakan komponen karena korsleting listrik.
Setelah itu, pengguna bisa membersihkan dan mengeringkan seluruh bagian hp, seperti bagian layar LCD/AMOLED menggunakan lap kain atau tisu. Jangan lupa juga untuk mengecek bagian slot USB C atau micro USB.

2. Lepaskan Semua Komponen Hp

Setelah hp dimatikan, segera lepaskan komponen yang memungkinkan, seperti baterai, memori, dan kartu SIM. Upaya ini dilakukan untuk mencegah komponen-komponen mengalami kerusakan yang lebih parah.

Perlu diperhatikan juga untuk tidak menggoyang-goyangkan hp yang bisa membuat air semakin masuk ke dalam perangkat. Pengguna cukup melepaskan casing hp dan bagian lain yang sekiranya dapat membantu air mengalir keluar dengan lancar.

3. Kubur HP ke dalam Beras Beberapa Hari

Salah satu mengeringkan HP yang kemasukan atau terkena air adalah dengan merendamnya di beras kering. unik ini terbilang cukup ampuh, sebab beras memiliki sifat menyerap kelembapan yang membantu penyerapan air dari dalam ponsel dengan lebih cepat dan mudah. Berikut langkah yang tepat untuk merendam ponsel yang terkena air di dalam beras:

Ambil kantong plastik atau ziplock, isi dengan satu mangkok sedang beras kering dan bersih, letakkan bagian-bagian ponsel seperti baterai, kartu SIM dan memori, serta bagian bodi ponsel ke dalam kantong tersebut. Ikat atau tutup dengan kencang.

Diamkan selama setidaknya 2-3 hari, baru kemudian cek apakah ponsel bisa dinyalakan.

4. Gunakan Minyak kayu Putih

Alternatif untuk mencegah terjadinya korosi atau karat pada besi adalah menggunakan thinner atau minyak kayu putih. Bersihkan beberapa komponen ponsel dengan menggunakan sikat gigi atau kuas berbulu lembut untuk mengaplikasikannya.

Sebisa mungkin jangan menggunakannya terlalu banyak karena bisa membuatnya mengendap di dalam komponen tersebut dan malah merusak.

5. Keringkan Hp dengan Lap Kering

mengatasi hp kemasukan air selanjutnya yaitu dengan mengeringkan semua bagian hp. Layar LCD menjadi salah satu bagian yang perlu diantisipasi pertama kali.

Sebab, jika layar LCD dibiarkan dalam keadaan lembab terlalu lama bisa menyebabkan munculnya flek hitam pada LCD. Untuk mengeringkan bagian layar juga cukup mudah hanya dengan menggunakan lap kering saja.
Jangan terburu-buru untuk mengeringkan hp kemasukan air langsung di bawah sinar matahari karena berpotensi merusak komponen-komponen hp yang lain.

6. Hindari Penggunaan Hair Dryer

Tidak hanya dilarang untuk menjemur hp di bawah sinar matahari, pengguna juga sebaiknya tidak menggunakan hair dryer sebagai alternatif untuk mengeringkan hp kemasukan air.

Alih-alih berharap perangkat akan menjadi lebih baik, suhu hair dryer yang terlalu panas dikhawatirkan bisa menyebabkan suhu komponen listrik pada hp akan meningkat.

Hal ini tentunya akan memberikan dampak buruk bagi hp karena bisa saja terjadi kerusakan yang lebih parah.(*)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here