Monday, 6 May 2024
HomeBeritaJangan Sepelekan, Ini 5 Bahaya Menggunakan Tusuk Gigi

Jangan Sepelekan, Ini 5 Bahaya Menggunakan Tusuk Gigi

Bogordaily.net – Berikut . Banyak orang merasa risih dengan sisa makanan yang menempel di sela gigi dan gusi. alhasil, mereka untuk mengambil sisa makanan yang menyangkut.

setelah makan untuk menghilangkan sisa makanan yang terselip dan menyangkut di sela-sela gigi memang melegakan. Tapi harus diingat juga bahwa para pakar kesehatan justru tidak menyarankan hal tersebut.

Berikut beberapa bayaha yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Membuat gigi lebih renggang

Tanpa kita sadari, penggunaan tusuk gigi ternyata memang mampu membuat gigi kita menjadi lebih renggang. Karena sering dicungkil dengan tusuk gigi. Akibatnya, hal ini akan membuat kerapatan gigi semakin berkurang dan ke depannya, makanan justru akan lebih mudah terselip di gigi, akibat renggangnya gigi.

2. Membuat gusi terasa sakit

Tajamnya tusuk gigi tanpa disadari bisa menusuk gusi saat kita sedang berusaha untuk mencungkil sisa makanan. Jika ini terjadi, maka gusi bisa berdarah dan akan mempermudah jalan masuk kuman dan bakteri. Akhirnya bisa juga memicu radang gusi dan penyakit lainnya.

3. Tambalan gigi jadi rusak

Apabila kamu memiliki tambalan pada gigi, penggunaan tusuk gigi bisa membuat tambalan di gigimu rusak. Kamu perlu melakukan perbaikan jika ini terjadi. Hentikan penggunaan tusuk gigi agar tidak semakin parah.

4. Terjadi abrasi gigi

Abrasi gigi adalah email atau dentin gigi yang terkikis. Penggunaan tusuk gigi yang sering bisa membuat abrasi gigi. Ketika abrasi gigi ini sudah terjadi, gigi akan terasa ngilu saat mengkonsumsi minuman dingin. Abrasi gigi yang terus menerus terjadi bisa membuat gigi jadi lebih sensitif.

5.

Perlu diingat bahwa gusi dan gigi mungkin sensitif dengan benda-benda yang tidak steril, termasuk tusuk gigi. Kuman dari tusuk gigi bisa memasuki tubuh melalui luka pada gusi.

Sebisa mungkin, hindari yang terpapar udara terlalu lama. Terlebih kamu melihat tempat tusuk gigi yang dibiarkan terbuka dan bisa dipakai oleh semua orang.

Itulah tadi, .(*)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here