Saturday, 4 May 2024
HomeNasionalKemenag: Seleksi Petugas Haji 2023 Pakai CAT

Kemenag: Seleksi Petugas Haji 2023 Pakai CAT

Bogordaily.net–  Kementerian Agama () RI sedang melakukan seleksi calon petugas haji 1444 H/2023 M. Bagi peserta calon petugas haji yang dinyatakan lolos seleksi administrasi, hari ini, Rabu, 25 Januari 2023 melaksanakan tes kompetensi dengan skema Computer Assested Test ().

Tahap ini digelar bersamaan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota seluruh Indonesia. Ini merupakan tahap pertama. Peserta yang lolos seleksi akan mengikuti dan praktik pada seleksi di tingkat Kanwil Provinsi.

Staf Khusus Menteri Agama Wibowo Prasetyo mengatakan, penggunaan sebagai bagian dari proses transformasi digital di Kementerian Agama. Dari tahapan seleksi ini diharapkan berlangsung lebih sportif dan kompetitif dan memperoleh petugas haji yang memiliki kompetensi dan integritas yang baik.

“Penggunaan dalam rangka transformasi digital dan agar seleksi lebih sportif dan kompetitif. Seluruh peserta mendapatkan kesempatan yang sama untuk menjadi petugas haji melalui persaingan yang sehat dan dapat dipertanggung jawabkan,” ujar Wibowo seperti dilansir dari laman .go.id, Rabu, 25 Januari 2023.

“Seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan rekrutmen petugas untuk menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas, fair, dan berlaku profesional,” jelasnya.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Hilman Latief menambahkan, peserta yang nantinya belum lolos dan tidak terpilih sebagai petugas haji tahun ini agar tidak berkecil hati. Sebab, kesempatan untuk melayani tamu-tamu Allah terbuka luas pada tahun-tahun yang akan datang.

Sementara itu tingkat Kankemenag Kabupaten/Kota diikuti 11.329 peserta. Terdapat 7 formasi yang tersedia yakni petugas kloter (Ketua Kloter dan Petugas Pembimbing Ibadah Haji), petugas non kloter (petugas layanan akomodasi, transportasi, bantal, pembimbing ibadah dan Siskohat).

Dalam pelaksanaan CAT, kata Hilman, melibatkan tim Inspektorat Jenderal (Itjen ). Pengawasan Itjen dilakukan untuk memastikan proses seleksi berlangsung sesuai ketentuan.

“Pelaksanaan CAT memantau Tim Itjen, supaya prosesnya berjalan baik dan fair,” kata Hilman.

Direktur Bina Haji Arsad Hidayat mengatakan, materi CAT mencakup beberapa substansi, yaitu regulasi penyelenggaraan ibadah haji, fikih manasik haji, serta mandat dan fungsi petugas haji.

“Substansi CAT juga terkait dengan wawasan kebangsaan dan moderasi beragama,” ujar Arsad.

Hasil seleksi CAT ini, kata Arsad, akan diumumkan pada 26 Januari 2023. Seleksi CAT dan praktik tingkat provinsi akan diselenggarakan pada 31 Januari 2023 mendatang.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here