Thursday, 18 April 2024
HomeKabupaten BogorKetua DPRD Kabupaten Bogor Minta Samisade Dilanjutkan di 2024

Ketua DPRD Kabupaten Bogor Minta Samisade Dilanjutkan di 2024

Bogordaily.net Rudy Susmanto meminta program Satu Miliar Satu Desa (Samisade) tetap dilanjutkan dalam pembangunan desa di tahun 2024 mendatang. Sebab kata Rudy, program ini dirasa penting untuk menunjang pemerataan pembangunan.

“Program ini sangat penting untuk memberikan rasa keadilan pada masyarakat dengan menggunakan fungsi distribusi APBD untuk pemerataan pembangunan karena, pembangunan di wilayah kita akhirnya menggunakan sistem bottom up dari bawah ke atas,” tegas Rudy Susmanto, Selasa 31 Januari 2023.

Rudy menjelaskan pihaknya sangat mendukung program itu dengan dibuktikan dalam APBD 2023 yang saat ini sedang berjalan. Jumlah alokasi program Samisade, kata Rudy, tahun ini lebih besar dibandingkan dengan sebelumnya yakni, meningkat dengan alokasi anggaran sebesar Rp 407 miliar.

“Jumlah alokasi anggaran untuk Samisade meningkat di tahun 2023 menjadi Rp 407 miliar, dibanding tahun sebelumnya yang hanya Rp 395 miliar, dan jauh lebih besar dari awal program ini diluncurkan pada 2021 dengan alokasi anggaran Rp 372 miliar,” jelas Rudy.

Maka dari itu, ia mengganggap program tersebut baik dilakukan dalam percepatan pembangunan di desa sehingga Badan Anggaran (Banggar) DPRD menyetujui Samisade kembali dianggarkan.

“Secara pribadi maupun kelembagaan saya meminta, agar program bantuan keuangan infrastruktur desa tetap dilanjutkan, dan harus dianggarkan dalam APBD 2024,” pungkas politisi Partai Gerindra itu.

Program Samisade ini sendiri bertujuan untuk mengurangi angka pengangguran terbuka dengan meminimalkan warga yang menjadi pekerja migran, serta mengurangi minat masyarakat bermigrasi ke kota-kota besar.

“Jadi yang dibutuhkan masyarakat melalui masing-masing desa diakomodir dalam anggaran samisade. Dengan memanfaatkan potensi desa itu, maka kesejahteraan warga desa akan lebih cepat tercapai,” imbuh .

Di samping itu, dengan adanya infrastruktur yang memadai, dirinya mengungkapkan, masyarakat akan lebih produktif dalam memanfaatkan berbagai potensi daerah secara mandiri.

Seperti diketahui Satu Miliar Satu Desa atau Samisade merupakan program yang diluncurkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor kepada setiap desa.

Pencapaian hasil Program Samisade diantaranya terbangun jalan desa sepanjang, jembatan, drainase, irigasi dan lain-lain yang berhubungan dengan fasilitas umum. Program ini sebagai salah satu bentuk percepatan pembangunan di . (Mutia Dheza Cantika)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here