Monday, 29 April 2024
HomeBeritaKim Jong-un Umumkan Resolusi 2023 Korut, Perbanyak Rudal Balistik dan Senjata Nuklir

Kim Jong-un Umumkan Resolusi 2023 Korut, Perbanyak Rudal Balistik dan Senjata Nuklir

Bogordaily.net – Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un secara resmi mengumumkan Resolusi Korut 2023. Seruan Kim itu muncul di tengah meningkatnya ketegangan antara dua Korea yang saling bersaing.

Dalam resolusinya, Kim Jong-un menyatakan tekadnya untuk terus mengembangkan senjata nuklir dan jelajah Benua pada tahun 2023.

Pengembangan persenjataan berbasis nuklir dan penjelajah Benua tersebut, Korea Utara menandai keseriusan untuk melawan ancaman yang disebutnya dipimpin Amerika Serikat (AS).

Pengumuman Resolusi Korea Utara 2023, dilaporkan media pemerintah, KCNA pada Minggu 1 Januari 2023, menyusul peningkatan ketegangan antar kedua Korea.

menyoroti perlunya mengamankan “kekuatan militer yang luar biasa” untuk mempertahankan kedaulatan dan keamanannya.

Washington dan Seoul, dikatakan , mencoba untuk “mengisolasi dan menahan” Pyongyang dengan aset serangan nuklir AS yang terus-menerus dikerahkan di Korea Selatan.

Dia berjanji untuk mengembangkan sistem ICBM lain “yang misi utamanya adalah serangan balasan nuklir cepat” di bawah rencana untuk meningkatkan kekuatan nuklir negara itu.

“Situasi yang ada membutuhkan upaya berlipat ganda untuk memperkuat militer. Sebagai tanggapan atas gerakan militer yang mengkhawatirkan oleh AS dan pasukan musuh lainnya,” kata , seperti dilaporkan KCNA yang kutip Reuters.

Dia mengatakan bahwa Korea Selatan telah menjadi musuh yang tidak diragukan lagi, karena sangat ingin membangun senjata yang ceroboh dan berbahaya dan gerakan militer yang bermusuhan.

Ditegaskannya, produksi massal senjata nuklir tersebut akan menjadi “orientasi utama” dari strategi nuklir dan pertahanan Korea Utara 2023.

Sebagai bagian dari rencana, negara itu juga akan meluncurkan satelit militer pertamanya “secepat mungkin” dengan mempercepat upayanya untuk membangun satelit mata-mata, dengan persiapan kendaraan sedang dalam tahap akhir.

Laporan itu muncul beberapa jam setelah Korea Utara menembakkan balistik jarak pendek di lepas pantai timurnya, dalam uji senjata pada malam Tahun Baru yang jarang terjadi pada larut malam.

Negara yang terisolasi itu juga meluncurkan tiga balistik pada Sabtu 31 Desember 2022 mengakhiri satu tahun yang ditandai dengan rekor jumlah uji coba .

memuji industri amunisi karena mengirimkan 30 unit sistem yang dapat menjangkau seluruh Korea Selatan.

“Kami telah menyatakan tekad kami untuk menanggapi dengan nuklir untuk nuklir dan konfrontasi habis-habisan untuk konfrontasi habis-habisan,” kata .

JCS mengecam keras rangkaian uji coba rudal Korut sebagai “provokasi serius” dan mendesak penghentian segera.

Penjaga pantai Jepang mengatakan rudal mencapai ketinggian sekitar 100 km dan terbang sekira 350 km. Menteri Pertahanan Yasukazu Hamada mengatakan Tokyo telah memprotes Korea Utara atas peluncuran tersebut melalui saluran diplomatik di Beijing.

Korea Utara menembakkan rudal dalam jumlah yang belum pernah terjadi sebelumnya pada tahun 2022, terus mengembangkan senjata di tengah spekulasi negara itu dapat menguji senjata nuklir untuk ketujuh kalinya.

Pada November, Korea Utara juga melanjutkan pengujian ICBM untuk pertama kalinya sejak 2017, berhasil meluncurkan Hwasong-17 baru yang besar, yang berpotensi menyerang di mana saja di Amerika Serikat.(*)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here