Thursday, 25 April 2024
HomePolitikKPU RI Gelar Rakor, Bahas Dapil Pemilu 2024

KPU RI Gelar Rakor, Bahas Dapil Pemilu 2024

Bogordaily.net (KPU) tingkat pusat dan daerah menggelar rapat koordinasi untuk penyusunan dan penataan daerah pemilihan () Pemilu Serentak 2024.

“Hari ini, KPU RI mengundang KPU Provinsi/KIP Aceh se-Indonesia untuk datang ke rapat koordinasi penataan daerah pemilihan () untuk Anggota DPRD Provinsi,” ujar Anggota (KPU) Republik Indonesia (RI), Idham Kholik saat dikonfirmasi wartawan, dikutip dari RMOL, Kamis, 5 Januari 2023.

Idham menjelaskan, dalam rakor pihaknya meminta KPU Provinsi/KIP Aceh untuk mempersentasikan dua rancangan Pemilu Anggota DPRD Provinsi.

“Dua rancangan tersebut adalah yang pernah digunakan dalam Pemilu 2019 lalu (existing district) dan rancangan baru,” urainya.

Mantan Anggota Provinsi Jawa Barat ini menyebutkan, di sela kegiatan tersebut KPU Provinsi/KIP Aceh juga diminta mempresentasikan hasil pencermataan KPU Provinsi/KIP Aceh, atas hasil uji publik rancangan dapil Pemilu Anggota DPRD Kab/Kota yang telah dilakukan oleh KPU/KIP Kab/Kota se-Indonesia.

“Mengapa KPU Provinsi/KIP Aceh harus presentasi hasil penceramatan tersebut? Karena berdasarkan Lampiran I Peraturan KPU 6/2022, tanggal 1 Januari – 9 Februari 2023 adalah jadwal penataan dan penetapan dapil DPRD Kabupaten/Kota oleh KPU RI,” demikian Idham menambahkan.

Sebelumnya, KPU Kota dan Kabupaten Bogor baru saja melantik Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Hotel Lorin Sentul dan di Balai Kota Bogor, Rabu, 4 Januari 2022.

Pelantikan PPK ini dilakukan dalam rangka menyongsong Pemilihan Umum serentak 2024 untuk memilih Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Presiden dan Wakil Presiden, juga Dewan Perwakilan Rakyat Daerah di Kecamatan di Kabupaten juga Kota Bogor.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here