Wednesday, 24 April 2024
HomeKabupaten BogorLembaga Pendidikan dan Pesantren Akan Bentuk Forum Komunikasi Pesantren Ramah Anak  

Lembaga Pendidikan dan Pesantren Akan Bentuk Forum Komunikasi Pesantren Ramah Anak  

Bogordaily.net– Lembaga pendidikan dan mendukung pemerintah maupun dinas terkait membentuk forum ramah anak di . Hal ini tentunya untuk mengurangi tingkat bullying dan kekerasan seksual anak di lingkungan .

Perwakilan Lembaga Pendidikan Indonesia Gemilang, Sumedi mengatakan, pihaknya dan berbagai lembaga pendidikan lainnya akan menginisiasi mendukung pembentukan forum komunikasi ramah anak di .

“Jadi kita akan membangun forum komunikasi pesantren ramah anak. Akan kita mulai dari ,” ujar Sumedi kepada Bogordaily.net

Kemudian kata dia, untuk pembentukan forum tersebut dimulai dari wilayah , agar nantinya dapat mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi di lingkungan pesantren.

“Bagaimana kita memulai dari yang bisa mengarahkan bisa memediasi, bisa membantu permasalahan terkait anak pesantren,” jelasnya.

Ia menambahkan jika nantinya telah terbentuk, akan ada pembinaan ke setiap pesantren agar dalam proses belajar mengajar bisa berjalan aman.

“Nah jadi kita ingin kalau sudah seperti itu pesantren ramah anak di akan masif, dan nanti kalau pesantren sudah ramah anak kita aman anak nyaman, belajar nyaman tiada kekerasan,” ujar Sumedi.

Ia mengatakan bahwa dalam lingkungan pesantren saat ini banyak sekali kejadian bullying, dan ini yang mendasari pihaknya turun tangan menangani pembentukan forum tersebut. Pihakhnya hyfa ingin membantu meminimalisir kasus bullying di lingkungan pesantren.

“Kasus yang terjadi itu di kebanyakan pesantren kan tidak semuanya kasus dalam kondisi level berat, dan kita bicara kasus yang masih ringan, hanya bisa mediasi secara kekeluargaan, dan tentunya bekerja sama dengan lembaga terkait. Ada badan perlindungan perempuan dan anak, ada UPT PPA-nya ada KPAI kota dan ini sama-sama bersinergi dan mengarahkan pesantren tersebut,” sambungnya.

Selain itu ia berharap, nantinya akan ada dukungan dari dinas terkait dan juga berbagai pesantren dari berbagai daerah, untuk mendukung program tersebut.

“Mudah-mudahan ini menjadi inspirasi bagi para pesantren di Indonesia, dan mohon dukunganya dari dinas terkait dan nantinya agar kami dapat membentuk forum komunikasi pesantren ramah anak ini,” ungkapnya.(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here