Saturday, 4 May 2024
HomeNasionalLenyap, Dua Anak Hanyut di Kali Ciliwung di Kawasan Lenteng Agung

Lenyap, Dua Anak Hanyut di Kali Ciliwung di Kawasan Lenteng Agung

Bogordaily.net – Dua Anak hanyut dan hilang saat bermain di Kali Ciliwung di kawasan Lenteng Agung, Jagakarsa, Jakarta Selatan, pada Minggu, 15 Januari 2023 sekitar pukul 17.15 WIB.

Keduanya tak terselamatkan saat terbawa arus kali tersebut. Sebenarnya ada tiga anak yang bermain di kali itu. Namun, satu orang berhasi di selamatkan, sedangkan dua lainnya lenyap. Hingga kini tim SAR masih melakukan pencaraian dengan menyusuri kali.

Kejadian itu bermula, saat anak-anak itu sengaja datang ke Kali tersebut untuk berenang. Mereka adalah S, B dan R. Namun, karena arus sungai yang membesar anak-anak itu terserta dan terbawa arus. Satu berhasil diselamakan sedangakan dua lagi terseret arus.

Kapolsek Jagakarsa Multazam Lisendra mengatakan satu dari tiga bocah ini berhasil diselamatkan, sedangkan dua lainnya masih dalam pencarian.

“Yang selamat R, sedangkan S dan B masih ditelusuri petugas, saya berharap para korban ditemukan dalam keadaan selamat,” ucap Multazam Lisendra seperti diberitakan antara.

Korban saat itu pergi mandi ke Kali Ciliwung yang jaraknya kurang lebih 100 meter dari panti asuhan, tanpa sepengetahuan pengurus mereka.

Pada pukul 17.15 WIB, saat korban dan saksi sedang mandi, S dan B, mereka hanyut terbawa arus sungai, dan sempat ditolong oleh saksi R.

Namun, saksi juga ikut terbawa arus sekitar 30 meter dan tersangkut di rumpun pohon bambu yang ada di pinggir kali tersebut.

“Setelah itu saksi R diselamatkan penjaga keamanan Taman Pingkal atas nama Marhadi yang sedang bertugas pada saat itu,” kata Multazam Lisendra.

Setelah berhasil diselamatkan, saksi R pun memberikan keterangan bahwa kedua temannya terbawa arus Kali Ciliwung sehingga Marhadi juga mencari kedua korban, namun tidak diketemukan pada saat itu.

Pada pukul 18.00 WIB, kemudian saksi melaporkan kejadian tersebut kepada ketua RW, pengurus panti sosial, dan melaporkan ke Polsek Jagakarsa.

Lebih lanjut, Multazam menambahkan jika pihaknya telah berkoordinasi bersama pihak panti dan aparat pemerintah setempat seperti Lurah Lenteng Agung, tim SAR Brimob PMJ, Sabhara Polda PMJ, pemadam kebakaran, BPBD, Basarnas dan sejumlah relawan.

“Sesuai SOP SAR, situasi keamanan, pencarian korban di Kali Ciliwung sampai pintu air Manggarai akan dilanjutkan Senin pagi, 16 Januari 2023, jam 08.00 WIB,” tuturnya.

Selain itu, ia mengatakan para petugas gabungan akan bertemu di titik kumpul posko sementara di Gedung Diklat BP2KPTK2 Jakarta Selatan, Jalan Camat Gabun 2 RT 03/RW 08 Lenteng Agung, Jagakarsa.

Pada kesempatan yang sama, Multazam juga mengimbau,agar masyarakat khususnya anak-anak untuk tidak berenang di Kali Ciliwung terutama saat musim hujan, karena diperkirakan arus sedang deras-derasnya.

Sehingga, hal ini tentu sangat berbahaya dan mengancam keselamatan.

“Saya mengimbau untuk tidak berenang di sungai,” tutur setelah menjelasakan kronologi dua anak hanyut di Kali Ciliwung di Kawasan Lenteng Agung tersebut.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here