Thursday, 18 April 2024
HomeNasionalLink dan Persyaratan Daftar Program Kampus Merdeka 2023

Link dan Persyaratan Daftar Program Kampus Merdeka 2023

Bogordaily.net – Program Kampus Merdeka yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud) 2023 menawarkan banyak program unggulan yang dapat diikuti oleh ,

Diantaranya adalah program magang Kampus Merdeka dan Studi Independen Bersertifikat yang tersedia pada tahun 2023. Proses pendaftaran untuk program magang Kampus Merdeka sudah dimulai sejak 15 Desember 2022.

Para di seluruh Indonesia dapat melakukan pendaftaran untuk program magang merdeka sampai tanggal 20 Januari 2023. Dalam program kampus merdeka ini, dapat mengalami pengalaman langsung terjun dunia kerja melalui praktek langsung.

Sementara itu, program Studi Independen Bersertifikat adalah program riset yang akan banyak bekerja sama dengan perusahaan terkemuka. Pendaftaran untuk program ini sudah dimulai sejak 15 Desember 2022 dan akan berlangsung sampai 20 Januari 2023.

Ditinjau oleh BeritaDIY dari website Kampus Merdeka Kemdikbud, simak ketentuan dan persyaratan untuk mengikuti program magang Kampus Merdeka 2023 dan Studi Independen Bersertifikat sebagai berikut:

Persyaratan Wajib Dokumen

Curriculum Vitae (CV)

Untuk dokumen ini, tidak ada template yang harus diikuti, namun harap menggunakan format file pdf. dapat menggunakan kreativitas mereka sendiri dalam membuat dokumen tersebut.

Transkrip Nilai

Upload transkrip nilai terbaru. Jika transkrip terbaru tidak tersedia, harap gunakan transkrip terakhir dan perbarui dokumen melalui menu “Lengkapi Dokumen” di akun ketika transkrip baru sudah tersedia.

Surat Rekomendasi Universitas

Surat rekomendasi harus ditandatangani oleh (Rektor/Ketua/Direktur, Wakil Rektor/Wakil Ketua/Wakil Direktur/Dekan/Wakil Dekan atau pejabat lain yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku di perguruan tinggi masing-masing).

Surat Persetujuan Tugas Akhir (SPTJM)

Surat Persetujuan Tugas Akhir (SPTJM) harus ditandatangani oleh (Rektor/Ketua/Direktur, Wakil Rektor/Wakil ketua/Wakil Direktur/Dekan/Wakil Dekan atau pejabat lain yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku di perguruan tinggi masing-masing).

Scan Foto dan KTP

Pastikan bahwa hasil scan jelas dan tidak buram.

Sertifikat pengalaman organisasi (opsional)

Jika ingin menambahkan beberapa sertifikat, harap gabungkan mereka menjadi satu file .PDF dengan ukuran maksimal 5MB.

Program ini ditujukan untuk para dari seluruh Indonesia, tidak terbatas pada jurusan tertentu, dengan akreditasi kampus apapun asalkan di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Tercatat sebagai aktif pada jenjang D2/D3/D4/S1 atau belum yudisium dan harus bersedia untuk tidak yudisium selama jangka waktu program Studi Independen Bersertifikat (MSIB) berlangsung dengan ketentuan semester yang ditetapkan saat program MSIB sebagai berikut:

D2: Minimal semester 3
D3: Minimal Semester 4
D4 dan S1: Minimal Semester 5

Data terdaftar di PDDikti dan memiliki kesesuaian antara nama di PDDikti dengan nama di KTP.

Mahasiswa dengan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) yang terdaftar di Dapodik dan sudah diverifikasi di akun Kampus Merdeka.

Mahasiswa diharapkan menjalani program secara penuh waktu (fulltime) serta berkomitmen untuk melaksanakan dan menyelesaikan program MSIB hingga selesai.

Siap melakukan perjalanan lintas kabupaten/ kota/ provinsi jika diperlukan sesuai penempatan yang ditetapkan oleh Mitra serta bersedia melakukan vaksinasi booster untuk keperluan mobilisasi.

Mahasiswa penerima beasiswa Bidik Misi/penerima KIP (Kartu Indonesia Pintar) atau penerima beasiswa lainnya dari Kemendikbudristek dapat mengikuti program magang dengan ketentuan besaran bantuan biaya hidup yang diterima merupakan selisih dari bantuan biaya hidup yang diterima dari beasiswa kemdikbudristek.

Menyatakan diri untuk bisa berkomitmen selama menjalani program.

Program Kampus Merdeka sendiri telah bekerja sama dengan banyak perusahaan terkemuka dan ternama di Indonesia. Untuk detail mengenai persyartan dan daftar afiliasi perusaaan yang terhubung dengan Program Kampus Merdeka. Dapat dicek pada laman berikut https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/program.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here