Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaDear Bunda, Ini Makanan Tinggi Nutrisi untuk Anak pada Masa Pubertas

Dear Bunda, Ini Makanan Tinggi Nutrisi untuk Anak pada Masa Pubertas

Bogordaily.net–  Pada masa , seorang remaja akan mengalami perubahan fisiknya. Selama masa remaja, tubuh mengalami pertumbuhan yang pesat, termasuk perubahan bobot tubuh dan perkembangan seksual serta kognitif. Pada masa ini, remaja butuh nutrisi untuk mendukung pertumbuhan fisiknya. Dikutip dari Halodoc.com berikut makanan yang harus dikonsumsi saat masa :

Buah dan sayur-sayuran

Buah dan sayuran mengandung vitamin, antioksidan, serat, dan air, serta memberikan tambahan energi untuk tubuh anak. Nutrisi ini dapat membantu melindungi anak dari penyakit di kemudian hari, misalnya penyakit jantung, stroke, dan beberapa jenis kanker.

Orang tua perlu mendorong anak untuk mengonsumsi buah dan sayuran setiap kali makan pada masa . Bila perlu, dorong anak untuk tidak pilih-pilih buah dan sayuran. Sebab buah dan sayur dengan tekstur dan rasa berbeda, memiliki nutrisi yang berbeda yang diperlukan untuk tubuh.

Mengonsumsi biji-bijian

Biji-bijian yang menjadi bahan pembuatan roti, pasta, mi, sereal, termasuk nasi, jagung, dan oat merupakan makanan tinggi nutrisi yang perlu dikonsumsi anak di masa . Makanan ini bermanfaat dalam memberi energi yang dibutuhkan anak untuk tumbuh, berkembang, dan belajar.  Jika mengonsumsi biji-bijian dengan indeks glikemik rendah, seperti pasta dan roti gandum, maka dapat memberikan energi yang tahan lama serta merasa kenyang lebih lama.

Susu rendah lemak

Minuman olahan susu seperti susu, keju, dan yoghurt merupakan sumber kalsium dan protein yang baik untuk masa pertumbuhan dan anak. Pada masa , anak membutuhkan lebih banyak asupan kalsium agar pertumbuhan massa tulangnya mencapai puncak. Selain itu susu juga bermanfaat untuk membangun tulang yang kuat seumur hidup. Penting untuk mendorong anak mengonsumsi berbagai jenis produk susu setiap hari.

Protein hewani dan nabati

Protein hewani dan nabati sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otot anak, terutama selama masa . Makanan kaya protein hewani yaitu daging tanpa lemak, ikan, ayam, dan telur. Sumber protein nabati yaitu kacang-kacangan, lentil, buncis, tahu, dan kacang-kacangan.  Makanan kaya protein juga mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh anak.

Minuman sehat

Air merupakan minuman yang paling sehat untuk anak. Sebagian besar air alami atau air mineral mengandung fluoride untuk mempertahankan gigi yang kuat. Selain air, susu rendah lemak juga merupakan pilihan minuman sehat yang baik untuk anak di masa . Sebab susu mengandung banyak kalsium yang baik untuk perkembangan tulang.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here