Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaManfaat Jamur Cordyceps untuk Kesehatan, Apa Saja?

Manfaat Jamur Cordyceps untuk Kesehatan, Apa Saja?

Bogordaily.net– merupakan salah satu jenis yang memiliki banyak manfaat. Dalam pengobatan tradisional, ini sudah lama digunakan. Salah satu jenis yang paling sering digunakan adalah cordyceps militaris. Selain dikonsumsi secara langsung, cordyceps diproses menjadi ekstrak dan dapat ditemukan pada suplemen kesehatan. Dikutip dari laman Hellosehat, berikut manfaat :

Meningkatkan daya tahan tubuh

Cordyceps dapat membantu melindungi Anda dari penyakit yang berhubungan dengan sistem imun. Selain itu, berdasarkan ulasan ilmiah pada tahun 2017, ini juga bermanfaat bagi sistem imun karena dapat digunakan untuk meningkatkan efektivitas pengobatan penyakit, seperti artritis, HIV, dan Crohn's disease.

Meningkatkan metabolisme saat beraktivitas fisik

Penelitian yang dilakukan di Xinxiang Medical College menemukan bahwa ini dapat meningkatkan produksi molekul adenosine triphosphate (ATP) dalam tubuh yang penting untuk menyalurkan energi ke seluruh otot. Apabila otot mendapatkan energi yang dibutuhkan ketika bekerja, ketahanan tubuh dapat meningkat selama Anda bergerak.

Mengurangi reaksi peradangan

Dasar dari ini merupakan protein, penelitian menunjukkan ketika cordyceps masuk ke dalam sel tubuh, protein-protein yang meningkatkan reaksi peradangan di tubuh akan menurun. Namun, efek antiradang dari masih harus diteliti lebih lanjut. Studi lain yang meneliti manfaat ini sebagai antioksidan menemukan bahwa ini dapat secara efektif mengobati penyakit yang berhubungan dengan imunitas.

Menurunkan risiko penyakit saluran pernapasan

Penelitian menemukan ekstrak dari cordyceps militaris dan salah satu kandungannya, yaitu cordycepin, dapat meningkatkan hidrasi sekaligus melancarkan pembersihan lendir pada permukaan saluran pernapasan. Hal ini lalu dapat berpengaruh pada pencegahan berbagai penyakit pada saluran pernapasan, seperti asma dan penyakit paru obstruktif kronis.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here