Sunday, 5 May 2024
HomeKota BogorMenangkal Informasi Hoax, Polresta Bogor Kota Optimalkan Tim Cyber

Menangkal Informasi Hoax, Polresta Bogor Kota Optimalkan Tim Cyber

Bogordaily.net – Banyaknya hoaks dalam bentuk video ataupun foto di sosial media, membuat Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Bismo Teguh Prakoso akan mengoptimalkan peran . Hal itu tentunya untuk menangkal bohong atau hoaks yang tersaji di sosial media yang kemudian dikonsumsi oleh publik.

“Nantinya akan melihat video yang disebar oleh pengguna media sosial atau warganet. Untuk fungsi cyber tentunya tetap berjalan,” kata Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Bismo Teguh Prakoso, Rabu 11 Januari 2023

Ia menghimbau kepada masyarakat pengguna media sosial atau yang sering disebut warganet, untuk segera menginformasikan kepada pihak Kepolisian, jika terjadi atau menemukan sesuatu hal yang dirasa dapat mengganggu ketertiban umum di sosial media.

Kemudian, kata Bismo, pihaknya, akan terlebih dulu memastikan dan menyeleksi dengan ketat soal kebenaran video yang diedarkan oleh pengguna medsos tersebut. Jika video itu hoaks, pihak Kepolisian akan bertindak cepat untuk merespons video yang disebarkan oleh netizen.

Tindakan terhadap video hoaks tersebut salah satunya akan dilakukan dengan bantuan website Kemenkominfo yang kerap memuat berita bohong yang beredar di media sosial. Setelah itu video tersebut lewat bantuan website, dapat diketahui hoaks atau bukan.

Hal itu tentunya dilakukan untuk memberikan atau menciptakan kenyamanan masyarakat di wilayah masing-masing. Jangan karena sesuatu atau video hoaks, ketertiban warga dapat terganggu.

“Kalau ada video viral informasikan kepada kita. Tim dari nantinya bertugas untuk memastikan. Ini bener atau tidak, ini lama atau tidak. Nanti ada channel kominfo menentukan hoaks atau bukan,” tutur Bismo. (Muhammad Irfan Ramadan)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here