Thursday, 29 February 2024
HomeNasionalMengawali Awal Tahun, Kota Lama Semarang Masih Dikepung Banjir

Mengawali Awal Tahun, Kota Lama Semarang Masih Dikepung Banjir

Bogordaily.net – Kota , Jawa Tengah, dilanda pada hari terakhir tahun 2022. Hinga Senin, 2 Januari 2022 sejumlah wilayah di Kota Lama hingga Stasiun Tawang masih dikepung .

Peristiwa itu terjadi pada Sabtu, 31 Desember 2022. Banjir merendam di sejumlah wilayah termasuk di objek wisata Kota Lama .

Banjir juga terjadi di sekitar Gereja Blenduk, dan sekitar pabrik rokok Praoe Lajar hingga Jalan Imam Bonjol. Di Jalan Imam Bonjol, sejumlah sepeda motor mogok karena nekat melaju di tengah banjir.

Kondisi ini membuat aktivitas masyarakat terganggu. Apalagi banjir kali ini merendam kawasan vital di Kota .

Ruas jalan ini yang terendam banjir panjangnya sekitar 300 meter, dari Metro Park hingga ujung Jalan Imam Bonjol arah ke Kota Lama.

Pemerintah Kota telah menyiagakan posko bencana yang berada di Balai Kota dan juga menyiagakan posko bencana di seluruh kecamatan yang ada di .

Selain itu melansir dari berbagai sumber, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) tengah menyiapkan skema teknologi modifikasi cuaca (TMC), dengan menyebar garam di sejumlah wilayah di Jawa Tengah.

“Saat ini digunakan dengan menaburkan garam sebagai inti kondensasi guna mempercepat terjadinya hujan di laut. Guna melindungi wilayah daratan tertentu, agar tidak banjir,” kata Deputi Meteorologi BMKG, Guswanto.

Guswanto lantas menjelaskan, TMC merupakan upaya penyemaian awan hujan dengan cara menaburinya dengan garam. Hal ini menurutnya, adalah cara efektif untuk mengurangi ataupun menambah intensitas curah hujan di suatu daerah.

“Dalam kata lain dapat diartikan suatu metode merekayasa atau mengubah kondisi cuaca dengan tujuan untuk mengurangi intensitas curah hujan atau menambah curah hujan di suatu daerah,” tutur Guswanto.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Penanggulangan Bencana (BNPB), di Kota saja terdapat 30 titik banjir dengan ketinggian air yang bervariasi, mulai 20 hingga 70 centimeter.(*)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here