Friday, 19 April 2024
HomeBeritaMengenal Fobia Scopophobia, Takut Jadi Pusat Perhatian

Mengenal Fobia Scopophobia, Takut Jadi Pusat Perhatian

Bogordaily.net – Scopophobia adalah ketakutan berlebihan saat penderitanya ditatap orang lain atau saat penderita menjadi pusat perhatian. Gejala yang ditunjukkan adalah keringat dingin atau gugup saat penderita ditatap atau menjadi pusat perhatian orang banyak.

Biasanya penderita akan mengalami kekhawatiran berlebihan akan mempermalukan dirinya sendiri saat ada di depan orang lain. Scopophobia memiliki tingkatan yang berbeda-beda dari tingkat yang ringan hingga tingkat yang berat.

Scopopobhia digolongkan sebagai gangguan kecemasan atau biasa disebut sebagai dan gejala yang dialami oleh tiap penderitanya akan berbeda-beda tergantung dari tingkat keparahan penderitanya.

Orang yang memiliki ini pada dasarnya akan merasa tidak nyaman saat mereka ditatap dan juga akan merasa tidak nyaman saat mereka dikelilingi atau menjadi pusat perhatian orang-orang.

Umumnya, penderita Scopopobhia juga akan lebih rentan mengalami erythrophobia, yaitu ketakutan berlebihan akan wajah mereka yang memerah.

Salah satu penderita ini adalah Lee Jong Suk yang merupakan aktor papan atas Korea. Dilansir dari Koreaboo, Lee Jong Suk mengakui kalau dia akan merasa gelisah dan gugup saat banyak orang di sekitarnya dan saat dia harus bertatapan dengan orang atau menjadi pusat perhatian.

Hal ini dibuktikan saat ia harus berbicara di konferensi pers, fan meeting, atau saat ia harus menerima penghargaan. Ia kerap mengelap keringat di wajah dan lehernya dengan menggunakan tisu.

Selain berkeringat, wajah aktor berumur 33 tahun ini juga kerap memerah saat ia harus berbicara di depan banyak orang. Walaupun menderita ini, Lee Jong Suk dapat tetap profesional saat ia berada di depan publik dan berusaha untuk tidak terlalu menunjukkan fobianya ini.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here