Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaMengenal Tanda Awal Penyakit Parkinson, Sering Mimpi Buruk

Mengenal Tanda Awal Penyakit Parkinson, Sering Mimpi Buruk

Bogordaily.net – Mimpi buruk kerap mengganggu tidur seseorang. Kondisi ini bukan berarti tidak perlu dikhawatirkan. Para peneliti di University of Birmingham di Inggris baru-baru ini menemukan hubungan antara mimpi buruk dan .

Seperti dilansir dari PMJ, dalam studi pada Juni 2022 yang diterbitkan di eClinicalMedicine, para peneliti menggunakan data dari AS selama 12 tahun dan menganalisis 3.818 pria lanjut usia yang hidup mandiri.

Dari jumlah tersebut, ada 91 kasus yang didiagnosis pada akhir penelitian. Menurut para peneliti, peserta yang sering mengalami mimpi buruk dua kali lebih mungkin mengalami dibandingkan mereka yang tidak.

Mereka yang mengalami peningkatan mimpi buruk selama lima tahun pertama penelitian lebih dari tiga kali lebih mungkin untuk mengidap tersebut.

Hal ini menunjukkan bahwa mimpi yang sering mengganggu mungkin merupakan gejala prodromal ( ), studi tersebut menyatakan.

Rupanya bukan satu-satunya gangguan otak yang berpotensi terkait dengan mimpi buruk. Sebuah studi lanjutan dari peneliti yang sama, diterbitkan Oktober 2022 di eClinicalMedicine, menemukan hubungan antara mimpi buruk dan demensia.

Studi tersebut mengamati data dari lebih dari 600 orang di AS antara usia 35 hingga 64 tahun dan 2.600 orang berusia 79 tahun ke atas.

“Saya menemukan bahwa peserta paruh baya yang mengalami mimpi buruk setiap minggu empat kali lebih mungkin mengalami penurunan kognitif (pendahulu demensia) selama dekade berikutnya. Sedangkan peserta yang lebih tua dua kali lebih mungkin didiagnosis menderita demensia,” ungkap tulis penulis Abidemi Otaiku dalam sebuah artikel untuk Science Alert.

“Secara keseluruhan, hasil ini menunjukkan bahwa seringnya mimpi buruk merupakan salah satu tanda paling awal dari demensia, yang dapat mendahului perkembangan memori dan masalah berpikir selama beberapa tahun atau bahkan puluhan tahun, terutama pada pria,” sambungnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here