Saturday, 20 April 2024
HomeKulinerMenikmati Kue Balok Legenda Kota Bogor, Sudah Ada Sejak 1952

Menikmati Kue Balok Legenda Kota Bogor, Sudah Ada Sejak 1952

Bogordaily.net – di Kota Bogor nih gaes! Pernah datang ke sini dan coba kuenya, atau belum tahu di mana harus membelinya. Di Kota Bogor mungkin ini salah satu pedagang kue yang masih bertahan dengan cara berjualannya.

Tempatnya berada di depan Toko Terang Jembatan Merah Bogor. Sudah berjualan mulai pukul 4:00 pagi, biasanya pukul 7:00 lewat sudah habis dan sudah beres-beres untuk pulang.

Pedagangnya adalah Ibu Balok (begitu dia menyebut dirinya saat ditanya nama). Kue itu awalnya dijual oleh mertuanya bernama Muhidin sejak 1952. Ibu Balok kemudian meneruskan sejak 2019, sampai sekarang.

Ini benar-benar jadul, cetakan dan dandang untuk merebus air sudah ada sejak 1952. Selain jadul ini juga langka, karena susah ditemui.

Jam Jualan di Kota Bogor

Berjualan dari jam 4 pagi, jam 7 an sebelum Toko Terang buka, sudah habis dan bapak ibu Balok siap-siap membereskan lapak jualannya.

Sudah puluhan tahun penjual ini mangkal di sini namun ternyata banyak warga Bogor yang tidak tahu keberadaan tukang jualan ini.

Padahal penjual yang ada di depan Toko Terang Bogor ini sudah berjualan sejak puluhan tahun lalu. Penjual yang mangkal depan Toko Terang Jembatan Merah Bogor ini sudah ada sejak tahun 1952.

Banyak orang yang tidak mengetahui keberadaannya karena penjual ini berjualan sejak pukul 04.00 subuh hingga 07.00 pagi, sehingga jualannya sudah laris manis sebelum banyak orang sadar akan keberadaannya.

Ibu Balok, penerus dari Pak Muhidin, merupakan perintis jualan kue balok di Bogor yang masih menjual kue balok dengan rasa kenyal dan manis yang original.

Pelanggannya sangat banyak dan sudah menjadi tradisi bagi mereka untuk datang ke tempat penjualan kue balok ini pagi hari dan menikmati segelas kopi atau teh hangat.

Inilah di Kota Bogor yang bisa kamu cicipi. Jika penasaran bisa datang ke kawasan jembatan merah di depan toko terang.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here