Monday, 29 April 2024
HomeKota BogorMenko PMK Hadiri Seminar Nasional Pengusulan KH Sholeh Iskandar sebagai Pahlawan Nasional...

Menko PMK Hadiri Seminar Nasional Pengusulan KH Sholeh Iskandar sebagai Pahlawan Nasional di UIKA

Bogordaily.net–  Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor menggelar seminar nasional pahlawan , seiring dengan pengajuan gelar kepahlawanan oleh Pemerintah Kota Bogor. Kegiatan seminar nasional ini digelar di Auditorium Prof. Abdullah Siddiq Kampus UIKA Bogor, Selasa, 24 Januari 2023.

Kegiatan seminar nasional turut menghadirkan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Prof. Dr. Muhadjir Effendy sebagai keynote speaker.

Ada pula sejumlah narasumber di antaranya Guru Besar Universitas Padjajaran Prof. Dr. Reiza D. Dienaputra, M.Hum Dr. Tiar Anwar Bachtiar, M.Hum. Peneliti INSISTS Drs. Arif Nahari, M.Si, dan Direktur Pemberdayaan Masyarakat Kemensos RI Rd Ace Sumanta, para pimpinan dan dosen universitas, mahasiswa, dan berbagai juga berbagai undangan lainnya.

Rektor UIKA Bogor Prof Dr H Endin Mujahidin, M.Si. dalam sambutanya mengatakan rangkain kegiatan seminar ini ditujukan untuk meneladani dalam membangun bangsa dan negara serta masyarakat Indonesia.

“Kegiatan ini merupakan hari kedua, kemarin telah dilaksanakan munas BKSPPI yang diikuti oleh 17 provinsi, dan hari ini adalah tentang seminar nasional kepahlawanan ,” kata Prof Endin, Selasa 24 Januari 2023.

menurut Endin, sebelumnya telah dijukan oleh TP2GD Kota Bogor ke provinsi dan telah diajukan menjadi di pusat. Selama ini banyak kiprah yang diberikan oleh terutama dalam hal pembangunan di Kota Bogor.

“Perlu disampaikan bahwa KH Sholeh Iskandar telah diajukan oleh TP2GD Kota Bogor, sudah diajukan ke provinsi dan diajukan menjadi di pusat dan hari ini menyeminarkan kontribusi beliau dan juga peninggalan beliau yang monumental yakni beliau telah mendirikan Universitas Ibn Khaldun sebagai PPS paling awal di Bogor, dan UIKA didirikan tahun 1961, dan mendirikan BKSPPI, mendirikan BPRS Amanah Umah dan banyak juga pesantren yang beliau dirikan,” jelasnya.

Suasana Seminar Nasional Pahlawan KH Sholeh Iskandar di Auditorim Prof Abdullah Siddik, UIKA, Bogor pada Selasa 24 Januari 2023. (Albin/Bogordaily.net)

Sementara itu Wali Kota Bogor, Dr H Bima Arya Sugiarto mengatakan, masyarakat Kota Bogor melihat dengan sangat jelas kiprah sepak terjang dari almarhum KH Sholeh Iskandar, dan ada beberapa pembangunan bagi Kota Bogor.

“Beliau merupakan pahlawan lengkap tiga zaman yakni merebut, mempertahankan dan mengisi, ini yang langka, bisanya pahlawan itu hanya merebut saja dan ini ada mempertahankan ada fasenya beliau mengisi, dan apa yang didirikan dan ditinggalkan almarhum masih berjalan sampai sekarang dan masih kita lanjutkan sebagai penerusnya,” kata Bima Arya saat memberikan sambutan.

Di tempat yang sama, Menteri Kordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI, Muhadjir Effendy mengatakan untuk mengusulkan tokoh menjadi ada tahap tahap yang harus dilalui dan waktunya kadang-kadang bisa membutuhkan puluhan tahun.

“Kalau sekarang sudah pengusulan tahap provinsi, saya kira berikutnya nanti diusulkan di tingkat pusat dan kalau sudah tingkat pusat kementerian yang dilibatkan yakni Menko PMK,” kata Muhadjir Effendy.

Ia mengatakan, nantinya agar dalam proses pengusulan tokoh KH Sholeh Iskandar sebagai agar dapat menyampaikan seluruh prosesnya dan nantinya Menko PMK akan membantu dalam proses percepatan pengusulan tersebut.

“Jadi nanti saya memohon seluruh proses disampaikan kepada saya, mudah-mudahan saya bisa membantu percepatan dalam pengusulan ini,” jelasnya.

Kemudian dalam kegiatan ini juga turut disampaikan berbagai pemaparan dari berbagai narasumber lain perihal sepak terjang dan juga kiprah tokoh KH Sholeh Iskandar yang nantinya akan menjadi Republik Indonesia. (Albin Pandita)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here