Monday, 6 May 2024
HomeNasionalMensos Risma Akan Tindak Pengemis Online di TikTok

Mensos Risma Akan Tindak Pengemis Online di TikTok

Bogordaily.net – Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini akan segera menindak fenomena pengemis online yang media sosial TikTok dengan menyurati pemerintah daerah.

“Nanti saya surati ya. Ndak, ndak. Saya imbauan ke daerah, tugas saya itu untuk menjalankan. Itu (pengemis online) memang gak boleh,” ucap Risma di Desa Lambang Sari, Bekasi, pada Minggu, 15 Januari 2023.

“Itu () gak boleh. Jadi ada perppu, perdanya. Makanya ini kami cari rujukan undang-undangnya. Sekarang masih diproses (suratnya). Nanti kalau sudah jadi suratnya saya tunjukkan,” tambahnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Usman Kansong mengatakan, pihaknya masih mendalami kategori konten jenis ini.

“Kita harus diskusi juga dengan ahlinya. Jangan sampai itu salah, ternyata itu tidak termasuk, bahaya juga kan,” ujarnya, beberapa waktu lalu.

Ia juga menjelaskan jika konten yang dilarang antara lain mengandung unsur pornografi, perjudian, radikalisme, hoaks, terorisme, prostitusi dan kekerasan terhadap anak.

Sebelumnya, diberitakan kini platform  jadi ladang mata pencaharian dengan kiriman gift yang bisa diberikan penonton saat live, tetapi banyak penonton yang resah dengan salah satu akun yang sering live memperlihatkan nenek-nenek atau ibu-ibu sedang mandi lumpur dan guyur air selama berjam-jam.

Hal ini bertujuan untuk penonton yang melihat merasa iba dan peduli, lalu akan mengirimkan stiker-stiker koin di live orang tersebut. Live itu semakin meresahkan sebagian penonton yang melihatnya, lantaran bukan hanya anak-anak muda yang menggunakan cara tersebut.

Terlihat juga seorang ibu-ibu paruh baya berlama-lama di kolam air dan terus menyiram badannya dengan gayung secara berulang setiap ada orang yang memberikannya stiker koin.

Diketahui Pemilik akun @TMMudBath ini selalu live dengan konten guyur air dan banyak dari talentnya ibu-ibu yang sudah berumur.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here