Friday, 19 April 2024
HomeKabupaten BogorMultimedia Jadi Jurusan Favorit di SMKN 1 Bojonggede

Multimedia Jadi Jurusan Favorit di SMKN 1 Bojonggede

Bogordaily.net – Multimedia di SMKN 1 Bojonggede merupakan jurusan yang menjadi favorit di antara empat lainnya yakni, Akutansi, Tata boga, Perhotelan serta Usaha Layanan Wisata. Sekolah ini difokuskan tentang potensi bisnis dan pariwisata.

Pada awal berdirinya SMK ini hanya terdapat tiga jurusan yang disediakan yaitu, Akuntansi dan Keuangan Lembaga, Perhotelan, serta Jasa Boga. Namun, seiring berjalannya waktu sejak tahun 2013 SMK ini memutuskan untuk menambah jurusan yang dinamai , yang kemudian menjadi salah satu jurusan terfavorit yang ada di .

Multimedia sendiri terdiri dari dua kata yaitu Multi dan Media. Multi dapat diartikan sebagai “banyak atau beragam” serta Media yang dapat diartikan sebagai “penghantar”.

Jadi Multimedia dapat diartikan sebagai banyaknya media yang dipelajari untuk menyampaikan informasi atau menyampaikan ide-ide yang ada di dalam diri ke media atau khalayak ramai melalui gambar, teks, animasi, video, serta audio.

Masjid . (Ramadhan/Bogordaily.net)

Lalu para siswa dan siswi mengemas semuanya menjadi satu atau bisa juga dikatakan mengemas ide agar dapat dipahami oleh masyarakat.

Adapun hal-hal yang dipelajari di dalam jurusan Multimedia itu sendiri terbagi ke dalam empat klaster yaitu, Desain Grafis, Desain Grafis Percetakan, Animasi, serta Teknik Audio Video.

Pada tahun 2022, SMKN 1 Bojonggede memutuskan untuk mengakhiri dan berganti menjadi Desain Komunikasi Visual (DKV) mengikuti masuknya tahun ajaran baru tahun 2022/2023. DKV sendiri merupakan jurusan yang lebih berfokus pada bidang Grafis Statis.

SMKN 1 Bojonggede
Gedung Kelas serta Lapangan Basket dan Futsal . (Ardityo/Bogordaily.net)

“Sebenarnya tidak ada perbedaan yang terlalu besar antara dengan DKV, hanya saja terdapat beberapa unsur dihilangkan yang sebelumnya ada di dalam . Tetapi ada juga beberapa unsur yang porsinya diperbanyak lagi,” ucap Kepala Program , Ali Ismail kepada Bogordaily.net, Senin, 30 Januari 2023.

Lanjutnya, sebagai contoh, pada jurusan Multimedia terdapat pelajaran animasi namun di jurusan DKV lebih berfokus pada pelajaran fotografi. Contoh lainnya adalah di terdapat pelajaran Teknik Pengolahan Audio Video, sedangkan di jurusan DKV terdapat pelajaran videografi atau bisa dibilang hanya menggunakan video saja tanpa adanya suara. (Putra Rahmawan Ramadhan)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here