Wednesday, 24 April 2024
HomeTravellingMuseum Zoologi Bogor, Wisata Edukasi yang Sudah Ada Sejak 1894

Museum Zoologi Bogor, Wisata Edukasi yang Sudah Ada Sejak 1894

Bogordaily.net – Ini adalah Zoologi Bogor. yang berada di kawasan Kebun Raya Bogor. Salah satu yang sudah ada sejak dulu.

Tempat wisata edukasi di Kota Bogor. Ada ratusan jenis flora dan fauna yang dipamerkan di ini.

Mereka seperti patung, kaku. ini sangat informatif, karena dilengkapi dengan keterangan di setiap satwa yang dipamerkan tersebut.

Selalu ramai dikunjungi, apalagi jika di hari libur. Anak-anak yang ditemani orang tuanya hilir mudik, berwisata ke tempat ini.

Seperti yang dibagikan akun Instagram @bogordaily.net. Sejumlah anak dan orang tuanya berjalan santai menikmati beragam jenis satwa yang dipamerkan di ini.

Sejarah dan Tiket masuk zoologi Bogor

Sejarah

ini didirikan sejak Agustus 1894 oleh Dr. J.C. Koningsberger, Zoologi Bogor dulunya bernama Landbouw Zoologisch Laboraturium. Berada di bawah kewenangan Pusat Penelitian Biologi LIPI sejak tahun 2000, Museum ini adalah salah satu yang terbesar di Asia.

Wisata sejarah Bogor ini dibangun pada tahun 1894 ketika masa pemerintahan Belanda. Tak heran jika bentuk bangunannya sangat klasik serta punya arsitektur Belanda yang sangat kental.

Nama museum tersebut awalnya yaitu Landbouw Zoologish Laboratorium. Kesan yang kuno dan klasik menjadikan membuat tampilan tempat ini punya gaya yang khas.

Museum Zoologi Bogor banyak terdapat hewan-hewan yang diawetkan dan dipamerkan. Hal ini untuk memberi informasi kepada para wisatawan terkait kehidupan hewan di masa lampau.

Dengan jutaan spesies yang terdiri 20 ribu jenis fauna yang langka, mulai dari burung, mamalia, reptil, ikan, dan amfibi bisa Anda temukan di sini.

Selain itu, Anda bisa mengamati krustasea, serangga, moluska, serta hewan atropoda yang lain secara lengkap.

Kalian juga bisa melihat koleksi paus biru serta berbagai koleksi lain dari pusat penelitian biologi LIPI. Koleksi tersebut diletakkan pada gedung Widyasatwaloka, Cibinong Science, Bogor.

Tiket masuk museum

Tak lengkap jika kalian yang berwisata di Kebun Raya Bogor tidak masuk ke Museum Zoologi Bogor. Untuk harga tiket masuk mulai Senin hingga Jumat Rp 15.000 sedangkan Sabtu – Minggu atau hari Nasional Rp 25.000.

Sebagai informasi, selama perjalanannya museum fauna ini sudah beberapa kali berganti nama, salah satunya menjadi Dobutsu Hakubutsukan pada jaman pendudukan Jepang 1942-1945.

Demikian ulasan dan informasi mengenai Museum Zoologi Bogor, wisata edukasi yang sudah ada sejak zaman Belanda.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here