Tuesday, 7 May 2024
HomeBeritaMusim Hujan, Nih Olahraga dalam Rumah! Wajib Coba

Musim Hujan, Nih Olahraga dalam Rumah! Wajib Coba

Bogordaily.net–  bukan halangan untuk tak .  Justru berolahraga di menjadi hal penting untuk dilakukan agar terhindar dari berbagai penyakit yang mudah menyerang. Tidak harus keluar rumah, kamu bisa berolahraga di dalam rumah. Banyak jenis yang bisa dilakukan di dalam rumah, sebagaimana melansir Yoursay.id dari Alodokter.com, berikut ini:

Senam Aerobik

Umumnya, senam aerobik menggunakan musik sehingga kamu tidak mudah bosan dan juga bisa menikmati diiringi dengan alunan musik. Kamu dapat mencari musik yang berhubungan dengan senam aerobik di aplikasi YouTube. Selain itu, senam aerobik bermanfaat dalam meningkatkan kerja jantung serta paru-paru dalam mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh.

Yoga dan Pilates

berikutnya adalah yoga dan pilates. ini bisa kamu lakukan di dalam ruangan. Meskipun keduanya adalah latihan low impact tetapi perlu diketahui bahwa Yoga dan Pilates memiliki beberapa perbedaan. Yoga merupakan praktik kuno yang berasal dari India sejak 5.000 tahun lalu sedangkan Pilates merupakan praktik dengan metode baru yang lebih modern yang diperkenalkan oleh Joseph Pilates pada tahun 1920.

Awalnya Pilates digunakan untuk mengembalikan kesehatan tentara Perang Dunia I yang terluka tetapi saat ini Pilates digunakan untuk membantu mengencangkan otot dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain itu, Yoga menggunakan metode pernapasan perut penuh dengan menghembuskan napas melalui hidung. Sementara Pilates menuntut pola pernapasan 3 dimensi selama latihan diantaranya menarik napas melalui hidung, mengarahkan napas ke sisi tulang rusuk dan membuang napas melalui mulut.

Latihan Kekuatan Otot

Selain Yoga dan Pilates, kamu dapat melakukan latihan otot di dalam rumah. Latihan kekuatan otot merupakan latihan yang berfokus untuk menambah kekuatan dan daya tahan otot. Latihan kekuatan otot juga bisa memperbaiki postur tubuh, meningkatkan kepadatan tulang serta dapat memperbaiki mood kamu lho!

Ada berbagai macam latihan kekuatan yang bisa dilakukan selama seperti push up, sit up, squat, plank, pull up di ventilasi pintu hingga angkat beban dengan dumbbell.

Lompat Tali

Skipping atau biasa disebut lompat tali. Latihan ini bisa berfungsi untuk membentuk otot tubuh bagian atas dan bawah. Latihan ini juga bisa dilakukan di dalam rumah saat lho. Selain itu, skipping juga bisa melatih koordinasi tubuh, meningkatkan kesehatan jantung dan ketahanan tubuh saat berolahraga.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here