Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaObat Sakit Gigi Berlubang yang Bisa Atasi Nyeri Apa Saja? Cek di...

Obat Sakit Gigi Berlubang yang Bisa Atasi Nyeri Apa Saja? Cek di Sini

Bogordaily.net–  Sakit karena gigi berlubang membuat kondisi tidak nyaman. Terlebih jika sakit yang dirasakan sudah tak tertahankan. Apa sakit gigi berlubang? Nah, jika rasa sakit sudah tidak tertahankan, ada beberapa sakit gigi berlubang yang bisa digunakan untuk sementara sambil menunggu untuk datang ke dokter gigi. Dikutip dari laman Sehatq.com, berikut sakit gigi berlubang:

Ibuprofen

Salah satu cara mengobati sakit gigi berlubang yakni dengan minum ibuprofen.   ini tersedia di apotek dalam bentuk tablet, kapsul gel cair, maupun suspensi oral.  Ibuprofen termasuk kategori antiradang nonsteroid (OAINS) yang ampuh atasi nyeri pada gigi karena mampu meredakan rasa sakit dan mengurangi peradangan.

Naproxen

Sama seperti ibuprofen, naproxen juga termasuk OAINS yang sering diminum untuk mengatasi sakit gigi. ini tersedia dalam bentuk tablet, kaplet, kapsul, hingga gel cair.  Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas terkait efektivitasnya, sebuah studi dalam jurnal Postgraduate Medicine mengungkapkan bahwa naproxen kemungkinan sama efektifnya dalam mengatasi nyeri gigi pascaoperasi seperti pereda nyeri narkotik (hydrocodone) dan acetaminophen.

Aspirin

Sebuah penelitian dalam jurnal Inflammopharmacology, menyebut aspirin adalah yang efektif meringankan rasa sakit terkait masalah gigi. sakit gigi berlubang ini tersedia dalam berbagai bentuk, misalnya tablet kunyah, tablet pelepasan lambat dan tunda, hingga suppositoria (obat padat yang dimasukkan lewat anus/rektum). Terdapat sebuah klaim yang menyatakan bahwa meletakkan obat aspirin pada gigi secara langsung dapat meredakan nyeri.  Namun, klaim tersebut tidak benar dan justru berpotensi memperparah rasa sakit pada gigi.

Acetaminophen

Mengonsumsi acetaminophen juga termasuk cara mengobati sakit gigi berlubang yang populer.  Namun, obat ini tidak mengurangi peradangan layaknya jenis OAINS.  Artinya, acetaminophen mungkin tidak seefektif OAINS dalam meringankan rasa nyeri pada gigi berlubang.  Tidak semua orang bisa meminum OAINS. Jika ini kasusnya, acetaminophen bisa dijadikan opsi pengganti yang tepat.  Acetaminophen umumnya dijual dalam bentuk tablet, kapsul gel cair, dan suspensi oral.

Bawang putih

Bawang putih bisa menjadi obat tradisional yang mengandung allicin, yakni senyawa yang memiliki sifat antibakteri.  Ini menjadi salah satu alasan mengapa bawang putih disebut ampuh sebagai obat alami sakit gigi berlubang.  Tumbuk satu siung bawang putih segar dan menambahkan sedikit garam.  Oleskan campuran tersebut ke bagian gigi yang terasa sakit.

Teh peppermint

Peppermint adalah tumbuhan yang dapat menimbulkan sensasi mati rasa untuk mengatasi sakit gigi. Kandungan menthol yang dimilikinya juga bersifat antibakteri.  Tuangkan satu sendok teh daun peppermint kering ke dalam satu gelas air mendidih, lalu seduh selama 20 menit.  Setelah dingin, Anda dapat berkumur dengan teh peppermint dan membuang atau menelan airnya.

Gel lidah buaya

Riset dalam Journal of Indian Society of Periodontology menyebutkan kalau lidah buaya memiliki sifat antibakteri dan bisa membunuh kuman penyebab gigi berlubang. Caranya oleskan gel lidah buaya ke bagian gigi yang sakit, lalu pijat secara lembut.  Apabila berbagai obat sakit gigi berlubang di atas tidak kunjung membuahkan hasil yang positif, konsultasikan masalah Anda ke dokter gigi.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here