Wednesday, 19 June 2024
HomeKabupaten BogorOptimalkan Pelayanan Masyarakat, Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Terapkan Rekategori Pelanggan

Optimalkan Pelayanan Masyarakat, Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Terapkan Rekategori Pelanggan

Bogordaily.net–   Perumda Air Minum Tirta Kahuripan terus berupaya mensosialisasikan kepada masyarakat terkait rekategori pelanggan dan penyesuaian tarif pelanggan yang sudah mulai diberlakukan per Januari 2023. Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Umum (Dirum) Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Abdul Somad beserta jajaran dalam dialog di Radio Tegar Beriman 95,3 FM.

“Kami menerapkan tarif untuk kelompok pelanggan sosial dan masyarakat berpenghasilan rendah di bawah harga dasar. Dengan kata lain kelompok tersebut mendapat subsidi. Sedangkan kelompok rumah tangga lainnya itu masih sesuai tarif dasar,” ujar Dirum Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Abdul Somad.

Skema pembagian kelompok pelanggan yang baru ini diharapkan tidak ada lagi pelanggan kurang mampu mensubsidi pelanggan yang jelas mampu secara ekonomi sehingga menciptakan tarif yang adil dan terjangkau sesuai dengan kemampuan pelanggan.

Perumda Air Minum Tirta Kahuripan berharap, dengan adanya penyesuaian golongan pelanggan tersebut dapat meningkatkan kinerja sehingga dapat melakukan pengembangan dan optimalisasi pelayanan masyarakat khususnya pelanggan serta meningkatkan cakupan pelayanan yang saat ini baru mencapai 28,01% atau masih jauh dari target yang ditetapkan pemerintah pusat yang menargetkan sebesar 68% untuk wilayah perkotaan dan 60% untuk wilayah pedesaan.

Direktur Umum Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Abdul Somad beserta jajaran usai dialog di Radio Tegar Beriman 95,3 FM. (Istimewa/Bogordaily.net)

“Mudah-mudahan program rekategori ini dapat memberikan rasa keadilan bagi para pelanggan Perumda Air Minum Tirta Kahuripan di manapun berada,” harap Abdul Somad.

Sebagai informasi, parameter untuk menentukan golongan kelompok pelanggan Perumda Air Minum Tirta Kahuripan yakni berdasarkan sensus pelanggan di bulan April hingga Juni 2022 yang lalu telah dilakukan evaluasi dan reklasifikasi kelompok pelanggan berdasarkan luas, lokasi, maupun fungsi bangunan untuk menentukan apakah pelanggan tersebut masuk dalam kategori tetap, penurunan, atau bahkan kenaikan golongan.

“Pada skema sebelumnya, kelompok pelanggan mulai dari kategori pelanggan sosial, rumah sederhana hingga industri besar terdiri dari 11 kategori. Sedangkan dengan struktur kelompok pelanggan terbaru memiliki 33 kategori pelanggan. Secara umum dengan penerapan struktur golongan tarif baru ini hanya ada kenaikan sebesar 15%, itupun tidak semua golongan, hanya pelanggan yang naik golongan saja, sisanya tetap dan bahkan ada yang turun golongan,” jelas Abdul Somad di penghujung dialog.

Sementara itu hingga hari ini Perumda Air Minum Tirta Kahuripan gencar memasifkan informasi program terbaru ini, baik itu dari rumah ke rumah, publikasi melalui media sosial, media cetak, media online, WA group pelanggan, radio-radio swasta serta radio pemerintah.

Bagi pelanggan yang ingin mengetahui perubahan struktur kelompok pelanggan dapat menggunakan tautan https://tirtakahuripan.co.id/cek_rekategori/ atau menghubungi kantor cabang terdekat maupun melalui call center di nomor 1500-412 untuk informasi lebih lanjut.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here