Friday, 19 April 2024
HomeBeritaPBB Temukan Kuburan Massal di Kongo, Ada 49 Mayat

PBB Temukan Kuburan Massal di Kongo, Ada 49 Mayat

Bogordaily.net – Misi Perserikatan Bangsa-bangsa () dikejutkan dengan penemuan berisi 49 warga sipil di wilayah timur laut Kongo. Kuburan itu ditemukan setelah serangkaian serangan akhir pekan yang dilakukan oleh milisi lokal.

Penemuan mengejutkan itu disampaikan Wakil Juru Bicara Perserikatan Bangsa-Bangsa Farhan Haq kepada wartawan di New York pada Rabu. Ia mengatakan, itu ditemukan di dua desa di provinsi , sekitar 30 kilometer sebelah timur kota Bunia, Kongo.

“Sebanyak 42 korban, termasuk enam anak, telah ditemukan di di desa Nyamamba, sedangkan jenazah tujuh pria lainnya ditemukan di desa Mbogi,” kata Haq, seperti dikutip dari Africa News, Jumat 20 Januari 2023.

“Para penjaga perdamaian melancarkan patroli ke daerah itu segera setelah menerima laporan serangan terhadap warga sipil oleh milisi CODECO selama akhir pekan. Saat itulah mereka membuat penemuan yang mengerikan,” kata Haq di New York.

Misi menyerukan agar para pelaku dibawa ke pengadilan dan berkomitmen untuk mendukung sistem peradilan Kongo untuk menyelidiki serangan tersebut.

“Insiden ini terjadi di tengah memburuknya situasi keamanan yang signifikan di wilayah Djugu dan Mahagi,” ujar Haq.

Menurut , sejak Desember 2022, setidaknya 195 warga sipil tewas, 68 luka-luka, dan 84 lainnya diculik dalam beberapa insiden yang dikaitkan dengan kelompok bersenjata CODECO dan Zaire.

Serangan baru-baru ini telah meningkatkan jumlah pengungsi menjadi lebih dari 1,5 juta orang di dan mengurangi akses pekerja kemanusiaan kepada mereka yang membutuhkan bantuan.

CODECO, yang mengklaim membela anggota komunitas Lendu, tahun lalu dituduh menyandera utusan perdamaian Presiden Felix Tshisekedi yang sedang dalam misi untuk merundingkan gencatan senjata dan demobilisasi anggota milisi di .

Tahun lalu, pembantaian besar-besaran yang dikaitkan dengan anggota milisi CODECO menyebabkan 62 orang tewas dalam serangan di sebuah kamp pengungsi.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here