Thursday, 25 April 2024
HomeKota BogorPemkot Bogor Pastikan Siap Gelontorkan Rp45 Miliar untuk RTLH

Pemkot Bogor Pastikan Siap Gelontorkan Rp45 Miliar untuk RTLH

Bogordaily.net–  memastikan dan siap menggelontorkan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp45,3 miliar untuk memperbaiki 4.363 unit Rumah tidak Layak Huni () pada 2023.

Wali , Bima Arya Sugiarto menjelaskan bahwa, selain bersumber dari APBD , Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat juga, pihkanya telah menyiapkan Rp4,4 miliar untuk perbaikan dengan sasaran 220 unit di .

Bahkan orang nomor satu di tersebut meninjau langsung salah satu rumah warga di Katulampa, Kecamatan Bogor Timur untuk memastikan, nantinya tepat sasaran dan bisa dirasakan manfaatnya bagi masyarakat Kota Hujan.

Peninjauan tersebut dilakukan Bima Arya untuk memastikan warga penerima bantuan renovasi RTLH tepat sasaran. Bima melihat langsung kondisi rumah yang tidak layak. Salah satu rumah cenderung membahayakan penghuni ketika hujan. Atapnya pun sudah keropos.

“Aparatur di wilayah memantau penyaluran dan pelaksanaan perbaikan RTLH. Pelaksanaan dilakukan dengan baik dan berkualitas agar dapat dinikmati masyarakat dalam jangka panjang,” kata Wali Bima Arya, Minggu 29 Januari 2023

Sebagai orang nomor satu di lingkungan , Bima telah menerbitkan Keputusan Wali Kota (Kepwal) 2023 bahwa ada penambahan spesifikasi yang akan diperbaiki dalam program RTLH tahun ini, yakni perbaikan sanitasi. Tidak hanya aspek atap, lantai dan dinding (aladin), tahun ini ditambah satu aspek lainnya, yaitu sanitasi untuk mendukung Open Defecation Free (ODF) atau Bogor bebas buang air sembarangan.

“Saya pastikan pelaksanaannya tepat sasaran, juga dikawal pelaksanaannya supaya kualitas pekerjaannya bagus. Dan memenuhi standar minimal dari kualitas hidup warga,” jelas Bima

Ia menegaskan, akan memantau terus perkembangan RTLH yang dinilai harus benar-benar tepat sasaran kepada warga yang berhak menerimanya. Untuk itu ia meminta juga kualitas dari perbaikan harus diperhatikan.

“Saya juga akan pantau terus. Walaupun targetnya sudah melebihi, tetapi saya ingin lihat kualitasnya baik dan sesuai dengan apa yang diaspirasikan oleh warga,” kata Bima Arya.

Sebelumnya, perbaikan RTLH hanya meliputi atap, lantai dan dinding, maka mulai tahun ini aspek sanitasi pun diprioritaskan, sebagai upaya mendukung Bogor Bebas Buang Air Sembarangan atau Open Defecation Free. (Muhammad Irfan Ramadan)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here