Friday, 26 April 2024
HomeNasionalPendaftaran Kartu Prakerja 2023 : Link dan Cara Daftar

Pendaftaran Kartu Prakerja 2023 : Link dan Cara Daftar

Bogordaily.net sedang jadi topik perbincangan dan perhatian publik. Link dan cara daftarnya banyak dicari publik yang ingin daftar atas kebijakan pemerintah yang kembali digulirkan tahun ini.

Pendaftaran akan dibuka kembali pada tahun 2023. Pada tahun ini, akan menambah jumlah insentif yang diterima oleh peserta.

Namun demikian, karena masih terjadi pandemi Covid-19, skema akan diubah dari semula sebagai bantuan sosial menjadi skema normal pada tahun 2023.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan bahwa program akan lebih fokus pada bantuan peningkatan kemampuan dan produktivitas tenaga kerja, dengan cara memberikan bantuan biaya pelatihan langsung kepada peserta dan insentif setelah pelatihan dengan berbagai macam pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan, mengembangkan kemampuan baru, dan meningkatkan kemampuan yang sudah ada.

“Program akan lebih fokus pada peningkatan kompetensi tenaga kerja seperti yang diusulkan saat program ini pertama kali diinisiasi sebelum adanya pandemi Covid-19,” kata Airlangga yang juga menjabat sebagai ketua Komite Cipta Kerja, seperti dikutip dari keterangan tertulisnya pada hari Senin (2/1/2023).

Dengan pelaksanaan skema normal ini, pemerintah juga menyesuaikan jumlah bantuan yang diterima oleh peserta menjadi sebesar Rp 4,2 juta per individu.

Rinciannya adalah bantuan biaya pelatihan sebesar Rp 3,5 juta, insentif setelah pelatihan sebesar Rp 600 ribu yang akan diberikan sekali, serta insentif survei sebesar Rp 100 ribu yang akan diberikan dua kali.

Sebagai informasi, pada tahun 2022, total bantuan yang diberikan pemerintah dalam program adalah sebesar Rp 3,55 juta per peserta.

Terdiri dari biaya pelatihan Rp1 juta, insentif setelah pelatihan Rp 2,4 juta yang diberikan empat kali selama empat bulan (Rp 600 ribu per bulan), dan insentif survei Rp 150 ribu.

“Pemerintah akan menambah anggaran sebesar Rp 5 triliun dengan target 1,5 juta orang,” ujar Airlangga.

Cara daftar

Pendaftaran biasanya dilakukan lewat web prakerja.go.id.

Langkah-langkah mendaftar Prakerja:

Buka situs prakerja.go.id
Jangan lupa siapkan nomor Kartu Keluarga serta NIK
Masukkan data diri serta ikuti petunjuk yang tertera pada layar.
Siapkan pula kertas dan alat tulis. Ini untuk mengikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar yang dilakukan secara online.
Tekan tombol ‘Gabung'
Tunggu pengumuman peserta yang lolos gelombang di laman dashboard prakerja.go.id.
Setelah mendaftar, Anda tinggal menunggu pengumuman hasilnya. Simak langkah-langkah untuk melihat hasil pengumuman atau mengakses menu lain dalam dashboard.

Buka situs prakerja.go.id
Masukkan alamat email dan password yang telah dibuat sebelumnya
Ketik angka verifikasi yang muncul pada layar, klik ‘Masuk'.

Setelah itu Anda telah masuk dalam dashboard prakerja. Di sana akan bisa melihat gelombang yang sedang dibuka atau mengedit informasi akun di menu profil.

Demikian ulasan dan penjelasan mengenai lengkap dengan link dan cara daftar.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here