Monday, 29 April 2024
HomeEkonomiPertamina Siapkan Sistem Penjualan Elpiji 3 Kg Tak Lagi Lewat Pengecer

Pertamina Siapkan Sistem Penjualan Elpiji 3 Kg Tak Lagi Lewat Pengecer

Bogordaily.net – PT Patra Niaga akan menerapkan sistem baru untuk Liquefied Petroleum Gas (LPG) subsidi elpiji 3 kilogram (kg). Hal ini dilakukan agar subsidi Elpiji melon bisa tepat sasaran dan tercatat dengan akurat.

Corporate Secretary Patra Niaga, Irto mengatakan, kebijakan tersebut dilakukan agar penyaluran LPG Subsidi 3 kg lebih tepat sasaran. Karena, dengan melalui penyalur/sub penyalur resmi , maka pembeli LPG subsidi akan terverifikasi.

Sepanjang 2022, Irto menyebutkan ada 20 ribu sub penyalur LPG 3 resmi di seluruh Indonesia.

“Saat ini, Patra Niaga telah melakukan implementasi penambahan sub penyalur,” ucap Irto dilansir dari Kontan.co.id,

Tetapi, kebijakan penyaluran tersebut belum diterapkan. Dimana, pembeli masih bisa dilakukan melalui pengecer.

“Ini (pengecer) masih bisa jualan saat ini. Dan proses verifikasi masih di wilayah uji coba,” tandasnya.

Seperti diketahui, pemerintah Indonesia terus berkomitmen untuk memperbaiki skema penyaluran LPG 3 kg. Semua itu bertujuan, agar konsumsinya bisa tepat sasaran bagi masyarakat miskin yang berhak menerima subsidi.

Pemberian subsidi akan diarahkan menjadi berbasis penerima, berbeda dari selama ini yang berbasis barang. Rencana kebijakan distribusi bersubsidi tersebut tertuang dalam Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-pokok Kebijakan Fiskal (KEM PPKF) 2023.

“Arah kebijakan subsidi energi pada tahun 2023 akan melanjutkan transformasi subsidi menjadi berbasis target penerima melalui integrasi dengan bantuan sosial,” tulis KEM PPKF yang diterbitkan Kemenkeu Desember 2022 lalu.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), pada 2021 ada 82% rumah tangga di Indonesia yang menggunakan LPG sebagai bahan bakar utama untuk memasak. Persentase itu mencakup rumah tangga yang menggunakan LPG tabung 3 kg, 5,5 kg, dan 12 kg.(*)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here