Saturday, 27 April 2024
HomeBeritaPesawat Yeti Airlines Jatuh ke Jurang di Nepal, 68 Penumpang Tewas

Pesawat Yeti Airlines Jatuh ke Jurang di Nepal, 68 Penumpang Tewas

Bogordaily.net – Sebanyak 68 penumpang Yeti Airlines dilaporkan tewas saat yang mereka tumpangi terjatuh di Nepal pada Minggu pagi, 15 Januari 2023 waktu setempat.

Pejabat terkait mengatakan ada ada 68 penumpang, termasuk bayi, dan empat awak dalam ATR 72 yang sedang melakukan perjalanan dari Kathmandu ke Pokhara itu.

“Sedikitnya 67 orang tewas dalam kecelakaan itu,” kata pejabat polisi AK Chhetri kepada AFP.

“31 mayat dibawa ke rumah sakit setempat sementara 36 lainnya masih berada di ngarai tempat itu jatuh,” ujarnya, dikutip dari RMOL.

Otoritas penerbangan sipil Nepal mengatakan ada 15 warga negara asing dalam penerbangan tersebut, termasuk lima orang India, empat orang Rusia, dua orang Korea Selatan, dan masing-masing satu orang dari Irlandia, Australia, Argentina, dan Prancis.

Seorang petugas otoritas bandara Pokhara mengatakan bahwa tersebut menabrak jurang saat mencoba mendarat di Bandara Internasional Pokhara. Ngarai itu berada di antara bandara lama Pokhara dan bandara internasional barunya.

“Kami belum tahu penyebab kecelakaan itu, tapi cuaca cerah,” kata pejabat itu kepada The National.

Gambar dan video yang diposting di media sosial menunjukkan asap tebal mengepul setelah kecelakaan.

itu hancur berkeping-keping,” kata juru bicara militer Krishna Bhandari.

Pokhara adalah tujuan wisata populer dan dikenal sebagai pintu gerbang ke Sirkuit Annapurna, jalur pendakian populer di Himalaya. Bandara internasional baru dibuka pada 1 Januari.

Yeti Airlines adalah maskapai penerbangan terbesar kedua di negara itu setelah Buddha Air. Pada 2018, maskapai ini masuk dalam daftar satu maskapai penerbangan terburuk di dunia. yang jatuh itu berusia 15 tahun dan dilengkapi dengan transponder tua.

Maskapai penerbangan Nepal sendiri telah dilarang memasuki wilayah udara Uni Eropa sejak 2013, setelah delapan warga Inggris tewas dalam kecelakaan di Kathmandu.

Bandaranya sulit untuk didarati, dan daerah pegunungannya dapat menciptakan cuaca yang berbahaya.

Pada Mei, 22 orang tewas ketika sebuah di daerah pegunungan setelah berangkat dari Pokhara.

Kecelakaan itu mendorong pihak berwenang untuk memperketat peraturan, termasuk mengizinkan penerbangan untuk lepas landas hanya jika ada ramalan cuaca yang menguntungkan di seluruh rute.

Kecelakaan itu termasuk yang paling mematikan di Nepal sejak 1992, ketika semua 167 penumpang Pakistan International Airlines tewas ketika jatuh saat mendekati Kathmandu.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here