Thursday, 2 May 2024
HomeBeritaProfil Jacinda Ardern, PM Selandia Baru yang Mundur dari Jabatannya

Profil Jacinda Ardern, PM Selandia Baru yang Mundur dari Jabatannya

Bogordaily.net–  Keputusan Perdana Menteri (PM) mundur dari jabatannya menyedot perhatian. bahkan tidak tidak akan lagi mencalonkan diri di pemilu yang diselenggarakan Oktober 2023 mendatang. Ia telah menjadi perdana menteri sejak 2017 dan memenangkan pemilihan ulang pada tahun 2020. Berikut profil .

Melansir Tempo.co dari laman labour.org.nz, pemilik nama lengkap Jacinda Kate Laurell Ardern ini lahir pada 26 Juli 1980 di Hamilton dan besar di wilayah rural Waikato, . Ia pernah besar di kota kecil bernama Murupara selama satu tahun.

Jacinda pernah bersekolah di Morrinsville College dan melanjutkan pendidikannya di Universitas Waikato serta mengambil Sarjana Ilmu Komunikasi pada Relasi Internasional dan Komunikasi Profesional. Serta, ia lulus pada tahun 2001.

Sejak tahun 1856, Ardern merupakan perdana menteri termuda di . Kala itu sempat dipegang oleh Edward Stafford. Perjalanan Ardern di dunia politik cukup panjang. Ia telah mengikuti Partai Buruh sejak usia 18 tahun tepatnya pada 1999.

Ia kemudian bekerja di berbagai sektor dalam pemerintahan dan bisnis.

Dilansir dari kids.britannica.com, Ardern bekerja menjadi staf Perdana Menteri Helen Clark. Lalu ke Inggris dan bekerja pada kantor kabinet Tony Blair, Perdana Menteri Inggris, tahun 2005.

Setelah itu, ia terpilih menjadi Presiden International Union of Socialist Youth dua tahun kemudian , sehingga membuatnya bepergian ke luar negeri seperti India, Lebanon, dan China. Pada 2008, ia kembali ke dan menjadi anggota parlemen dan anggota termuda.

terpilih menjadi pemimpin Partai Buruh pada 1 Agustus 2017 atau saat usianya 37 tahun dan menjadi pemimpin termuda di partainya. Pada September 2017, ia menjadi Perdana Menteri dan pada 10 Oktober 2020 terpilih kembali untuk keuda kalinya.

Sementara itu dalam hubungan pribadi, ia menjalin asmara dengan presenter televisi Clarke Gayford.  Tunangannya itu merupakan pria 41 tahun yang menjadi merupakan pembawa acara tentang memancing di sebuah televisi. Mereka telah dikaruniai seorang putri bernama Neve Te Aroha.

Ia melahirkan putrinya pada tahun 2018 saat usianya 38 tahun. Ardern juga menjadi perdana menteri pertama dalam sejarah Selandia Baru yang mengambil cuti hamil.  Bahkan selepas cuti, ia tak sungkan membawa putrinya saat berdebat di ruang parlemen. Rencananya setelah mundur dari jabatannya, ia akan menikah dengan Clarke Gayford.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here