Monday, 6 May 2024
HomeBeritaProfil Ken Block, Pereli Dunia yang Tewas dalam Kecelakaan Mobil Salju

Profil Ken Block, Pereli Dunia yang Tewas dalam Kecelakaan Mobil Salju

Bogordaily.net– Pereli dunia, tewas akibat kecelakaan mobil salju atau snowmobile di Utah, Amerika Serikat, Senin, 2 Januari 2023 waktu setempat.  Salah satu pendiri Hoonigan ini meninggal dunia pada usia 55 tahun. Berikut profil .

Melansir CNN Indonesia, sebelum berkiprah di dunia reli, merupakan juru gambar untuk sebuah firma arsitektur di California. Ia memulai kariernya sebagai pereli pada 2005 ketika usianya 38 tahun.

saat  bergabung dengan tim Vermont SportsCar. Balapan pertamanya di musim reli adalah Sno*Drift dan hanya mampu finis di posisi ketujuh secara keseluruhan dan kelima di kelas Grup N.

Block tercatat lima kali finis lima besar dan menempati posisi ketiga secara keseluruhan di Rally America National Championship selama musim 2005. Pada akhir tahun reli pertamanya, ia memenangkan penghargaan Rally America Rookie of The Year.

Pada 2011 sampai 2015 ia berkompetisi di Kejuaraan Global RallyCross dan finis di posisi kedua pada 2014, ketiga pada 2013, dan kelima pada 2012. Block mengoleksi enam kemenangan dan 15 podium pada musim kejuaraan tersebut.

Selain reli, ia juga berkompetisi di beberapa olahraga ekstrem lainnya seperti snowboarding dan motocross. Ia bahkan memiliki taman snowboarding di Utah bernama DC Mountain Lab.

juga dikenal setelah merilis video seri Gymkhana. Video-video tersebut menunjukkan berbagai aksi saat mengendarai mobil reli yang dimodifikasi.

Kemudian pada 2010 bekerja sama dengan Ford untuk membuat sebuah tim motorsport guna berpartisipasi pada World Rally Championship. Awalnya tim ini diberi nama Monster World Rally dan pada 2012 diubah menjadi Hoonigan Racing Division.

Meski tim ini tidak terlalu sukses di trek balap, mereka meraih sukses secara komersial. juga beberapa kali muncul dalam video game, di antaranya game Colin McRae: Dirt 2 sebagai pembalap bersama dengan Subaru Rally Team USA Impreza dan di Dirt 3 dengan karakter sebagai guru Gymkhana.

Selain itu ia juga dikenal sebagai salah satu pendiri brand DC Shoes. Bersama dengan Damon Way, keduanya mendirikan DC Shoes pada 1994 dengan bermodalkan uang pinjaman US$10 ribu dari orang tuanya.

Sebelumnya diberitakan meninggal akibat kecelakaan mobil salju atau snowmobile di Utah, Amerika Serikat, Senin, 2 Januari 2023 waktu setempat.

Road and Track melaporkan, Kepolisian Wasatch Utah, mengonfirmasi meninggalnya Block dalam pernyataan resmi via Facebook. Mereka menyatakan Block berkendara di lereng tajam di area Mill Hollow pada pukul 14.00 waktu setempat ketika snowmobile-nya terbalik dan mendarat di atas tubuhnya.

Kepolisian Wasatch menyebut Block berkendara dengan sebuah kelompok, tetapi tengah sendirian ketika insiden itu terjadi. Pereli asal Amerika Serikat berusia 55 tahun itu pun dinyatakan meninggal di lokasi kejadian.

Sementara itu Hoonigan Industries selaku perusahaan media sekaligus perusahaan apparel untuk fans motorsport yang dipimpin oleh Block mengumumkan kabar tersebut melalui Instagram.

“Dengan penyesalan mendalam, kami mengonfirmasi bahwa meninggal dunia dalam kecelakaan snowmobile hari ini,” tulisnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here