Sunday, February 5, 2023
HomeTokohProfil Najwa Shihab, Jurnalis Intelektual yang Penuh Kritis

Profil Najwa Shihab, Jurnalis Intelektual yang Penuh Kritis

IIMS

Bogordaily.net – Profil Najwa Shihab, jurnalis intelektual dan kritis yang banyak digemari oleh wanita karena dipandang mampu menyuarakan ide-ide feminisme secara lantang. Selain itu, ia juga memiliki pemikiran yang sangat kritis.

Putri kedua cendekiawan muslim, Quraish Shihab, ini telah berkecimpung di dunia jurnalistik sejak 2000-an.

Dia kerap tampil penuh keyakinan terhadap idealismenya sendiri sehingga memberikan dorongan untuk bersikap serupa bagi kalangan audience. Wanita kelahiran Makassar ini harus diakui memang memiliki kesan kuat selama meniti karier di bidang jurnalis serta hukum.

Bagaimanapun, dia adalah lulusan dari Universitas Indonesia di Fakultas Hukum yang sejak SMA telah mengikuti program pelayanan lapangan hingga ke Amerika.

Sejumlah prestasi pernah diraih jurnalis yang akrab disapa Nana itu. Sederet tokoh penting telah berhasil diwawancarainya, mulai dari presiden hingga perdana menteri mancanegara. Pertanyaannya dikenal tajam dan kritis.

Kemunculan pertamanya di layar kaca dilaksanakan di bawah naungan tim Metro TV pada tahun 2001. Barulah sembilan tahun setelahnya dirinya dipercaya membawakan acara sendiri bertajuk Mata Najwa.

Sebagai jurnalis, karier anak Quraish Shihab ini cukup memelesat dengan berbagai penghargaan yang berhasil diraihnya.

Misalnya, ketika bencana tsunami menghancurkan Aceh di tahun 2004 silam, dia aktif memberikan laporan sehingga usahanya diganjar penghargaan oleh PWI Pusat.

Kemudian, di tahun 2016 dia kembali memenangkan penghargaan dari Metro TV atas kategori Jurnalis Terbaik.

Kemudian, dirinya ditunjuk mengikuti Senior Journalist Seminar yang diselenggarakan di Amerika Serikat bersama sejumlah pewarta dari banyak negara lainnya. Ini hanyalah sedikit dari semua pencapaian yang telah ditorehkan oleh Najwa dalam catatan karier jurnalisnya.

Bahkan, kesuksesannya meluas hingga keluar negeri dengan terdaftar dalam ajang jurnalisme Asia untuk gelar Best Current Affairs atas ajang Asian Television Awards.

Di tahun 2018, wanita berdarah Arab itu tergerak untuk mendirikan badan usaha secara mandiri pada sektor konten digital di bawah naungan Co-founder PT Narasi Citra Sahwahita.

Demikianlah tadi profil Najwa Shihab.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terbaru

Gabung dengan Kami

Loker Bogor Daily

Invitation Investor Gathering

Anton S Suratto

Perumda Tirta Pakuan

PAN Jawa Barat

Harlah PPP

Dirgahayu PDI Perjuangan

RSUD Ciawi

RSUD Leuwiliang

Antam

Harlah 1 Abad Nahdlatul Ulama

Perumda Tirta Kahuripan

Sienna Residence bogor

UIKA Bogor