Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaProfil Presiden FFF Noel Le Graet, Mundur Usai Remehkan Zinedine Zidan

Profil Presiden FFF Noel Le Graet, Mundur Usai Remehkan Zinedine Zidan

Bogordaily.net Presiden Federasi Sepak Bola Prancis (FFF), , mengundurkan diri usai ucapannya meremehkan Zinedine Zidan.

Pria berusia 81 tahun itu sempat mengeluarkan pernyataan tidak menginginkan Zidane mengabdi untuk Les Bleu.

, dalam kesepakatan dengan komite eksekutif FFF yang berkumpul hari ini di Paris, telah memilih untuk mundur dari jabatannya sebagai presiden hingga selesainya audit yang dilakukan oleh kementerian olahraga,” kata FFF dalam sebuah pernyataan yang dikutip AFP, Kamis 12 Januari 2023.

Le Graet saat ini merupakan Presiden French Football Federation (FFF) alias Federasi Sepak Bola Prancis. Nama Le Graet bukan nama baru di sepak bola Prancis.

merupakan seorang politik, pebisnis, hingga pejabat federasi Prancis yang tercatat lahir di Bourbriac pada 25 Desember 1941. Saat ini, usianya telah menginjak 81 tahun.

Awalnya, dia adalah pengusaha penangkapan ikan di Koat Guingamp dengan Le Graet Group. Dia juga punya produk makanan yang terkenal di Prancis.

Mulai dari Celtigel (hidangan beku, ikan, dan sayuran), Les Delices de la Mer (sup, saus, olesan roti), hingga Agil Chien/Agil Chat (makanan hewan peliharaan).

Pada tahun 1971 hingga 1992, dia memang punya rekam jejak mengelola klub sepak bola Prancis, En Avant de Guingamp.

Selama dua periode, ia juga pernah menjabat sebagai Walikota Guingamp, mulai dari tahun 1995 hingga 2008 bersama Partai Sosialis.

Sepak terjangnya di dunia sepak bola Prancis memang cukup berpengaruh. Sebab, dia sudah mulai memiliki posisi penting di FFF sejak lama.

Sebelum berkiprah di FFF, Le Graet merupakan Presiden Ligue 1.

Mulai dari tahun 1991 hingga 2000, menjadi Presiden dari Ligue 1, alias operator kompetisi sepak bola di Prancis. Tak hanya itu, ia juga menjabat sebagai Wakil .

Melalui posisinya tersebut, Le Graet sudah membawa banyak sponsor baru, termasuk kontrak dengan Nike, yang membuat peningkatan situasi keuangan FFF.

Salah satu kunci sukses keberhasilan Le Graet mempertahankan singgasananya adalah karena Prancis mampu jadi tim yang kuat dan solid dalam beberapa tahun terakhir. Prancis berhasil menembus final Piala Eropa 2016, juara Piala Dunia 2018, dan kemarin kembali menembus babak final Piala Dunia 2022.(*)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here