Monday, 29 April 2024
HomeNasionalPuluhan Lansia Ikuti Wisuda di Brebes, Tertua Umur 99 Tahun

Puluhan Lansia Ikuti Wisuda di Brebes, Tertua Umur 99 Tahun

Bogordaily.net – Sebanyak 75 yang terdiri dari empat wisudawan dan 71 wisudawati ikuti proses wisuda di Sekolah Desa Sridadi, Kecamatan Sirampog, Kabupaten . Proses kelulusan tersebut berlangsung di GOR Bukit Situ Desa Sridadi.

Wisudawan atau wisudawati tersebut adalah siswa SMA “Matahari” yang berasal dari Desa Sridadi, Kecamatan, Sirampog, Kabupaten .

Menurut Widwiono selaku Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah, diharapkan melalui prosesi wisuda ini para peserta dapat memberikan contoh, teladan, motivasi, dan kebahagiaan bagi anak cucu.

“Waktu kurang lebih sepuluh bulan belajar dapat memberikan perubahan bagi bapak ibu dan lingkungan bapak ibu sekalian. Pertama, bagaimana supaya tetap sehat, supaya tetap produktif, supaya tetap panjang umur. Kedua, saya yakin ada yang punya anak atau cucu di rumah. Yang punya anak dididik beretika dan berperilaku. Yang punya cucu supaya sehat dan tidak sakit-sakitan. Jika stunting mudah sakit bapak ibu,” tutur Widwiono, mengutip dari IDN Times.

Widwiono mengatakan, kelas tersebut awalnya diikuti 80 siswa pada awal 2022, namun seiring perjalanan waktu sebanyak lima siswa meninggal dunia dalam proses belajar mengajar, sehingga tersisa 75 siswa yang dapat diwisuda.

Wisudawan termuda hari ini berusia 47 tahun atas nama Ibu Tarni, dan wisudawan tertua berusia 99 tahun atas nama Ibu Sodah.

“Saya yakin bapak ibu di sini tidak ada yang stunting. Karena sampai usia bapak ibu masih bisa belajar dan diwisuda. Saya kira kita semua juga memimpikan, menginginkan seperti Ibu Sodah, yang tetap produktif dan aktif di usia yang sudah 99 tahun,” terangnya

Ia berharap dengan diadakannya Sekolah Lansia ini, para lansia di Kabupaten dapat memperoleh pemahaman dan pengetahuan yang lebih baik tentang kesehatan, kesejahteraan, dan pemberdayaan mereka.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya Wisuda Pertama Sekolah Lansia di Kabupaten tahun 2023. Sekolah lansia di tahun 2023 akan dilanjutkan, sudah banyak peserta yang antusias untuk mendaftar,” ungkapnya.

Dalam prosesi wisuda tersebut, Bapak Suyud yang berusia 77 tahun dianugerahi sebagai wisudawan terbaik, sedangkan Ibu Sodah yang berusia 90 tahun dianugerahi sebagai wisuda tertua.

Sekolah lansia “Matahari” adalah program pemberian pengetahuan berkelanjutan bagi lansia di wilayah Desa Sridadi, Kecamatan Sirampog, Kabupaten .

Merupakan angkatan yang pertama di Kabupaten , dengan fasilitator terdiri dari Penyuluh KB, praktisi Psikolog, Juang Kencana, tenaga medis. Selaku kepala sekolah yaitu Ibu Yani, dan kegiatan belajar mengajar dilaksanakan di gedung PAUD “Matahari” Desa Sridadi.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here