Tuesday, 14 May 2024
HomeBeritaRaja Terakhir Yunani Meninggal Dunia di Usia 82 Tahun

Raja Terakhir Yunani Meninggal Dunia di Usia 82 Tahun

Bogordaily.net–  Constantine II yang merupakan mantan Raja pada usia 82 di Ibu Kota Athena, Rabu, 11 Januari 2023.

Melansir CNN Indonesia, kabar duka diumumkan oleh kantor penyiaran negara ERT. Constantine disebut usai menderita penyakit stroke beberapa waktu terakhir.

Mantan Raja itu kemudian dilarikan ke rumah sakit di Athena pada pekan lalu akibat mengalami gangguan pernapasan.

Dikutip AFP, Constantine merupakan anggota terakhir dinasti kerajaan yang sempat berkuasa selama satu abad lebih. Sepupu Raja Charles III dari Inggris itu berkuasa pada 1964 saat berusia 23 tahun sebelum menjadi negara republik pada 1974.

Selain sebagai raja, Constantine juga dikenal sebagai atlet. Ia pernah meraih emas pada Olimpiade Musim Panas 1960 dalam cabang olahraga layar.

Saat mendeklarasikan sebagai negara demokrasi, warga pun mendukung penghapusan monarki dalam sebuah referendum.

Hal tersebut membuat dinasti kerajaan yang dimulai oleh kakek buyut Constantine II, George I, pada 1863 berakhir.

Semetara itu Constantine II lahir 2 Juni 1940 di Athena. Ia merupakan  putri Federica dari Hanover dan Pangeran Paul, adik laki-laki Raja George II dan pewaris takhta.

Kakak perempuannya bernama Sophia merupakan istri mantan Raja Juan Carlos I dari Spanyol. Ia juga keponakan Pangeran Philip kelahiran , mendiang Duke of Edinburgh dan suami mendiang Ratu Elizabeth II Inggris.

Ketika kediktatoran runtuh pada Juli 1974, Constantine ingin kembali ke tetapi disarankan untuk tidak melakukannya oleh politisi veteran Constantine Karamanlis.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here