Saturday, 4 May 2024
HomeNasionalRatusan Pengungsi Rohingya Kembali Terdampar di Aceh

Ratusan Pengungsi Rohingya Kembali Terdampar di Aceh

Bogordaily.net – Sebanyak 184 pengungsi kembali di Aceh. Mereka tiba di pantai Kuala Gigeng Lamnga, Kecamatan Masjid Raya, Aceh Besar, Provinsi Aceh.

Jumlah Imigran itu terdiri dari 69 laki-laki, 75 perempuan, dan 40 anak-anak.

“Hasil penghitungan bersama yang disaksikan pihak UNHCR, IOM, TNI, dan instansi terkait lainnya, jumlah mereka yang terdampar adalah 184 orang,” kata Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol Joko Krisdiyanto, dikutip dari CNN Indonesia, Senin 9 Januari 2023.

Ratusan orang pengungsi etnis itu terdiri dari 69 laki-laki, 75 perempuan dewasa, dan 40 anak-anak.

Menurut Joko, saat ini petugas masih melakukan proses evakuasi ratusan orang etnis tersebut ke pengungsian Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dinas Sosial Aceh.

“Nantinya akan dilanjutkan penanganan oleh BPBD, imigrasi, Dinas Sosial Aceh, dan instansi terkait lainnya,” pungkas Joko.

Sementara itu, beberapa hari lalu, nelayan setempat sempat melihat tiga kapal yang mengangkut pengungsi di perbatasan perairan Indonesia, tepatnya tiga mil dari Pulau Rondo.

“Informasi awal dari Panglima Laot Ie Meulee, bahwa telah ditemukan pengungsi oleh nelayan yang berada Selatan Pulau Rondo yang berjarak kurang lebih 3 Mil dari Pulau Rondo,” kata Sekjen Panglima Laot Aceh Miftach Cut Adek, Sabtu, 7 Januari 2023.

Kementerian Luar Negeri RI bahkan menduga sejumlah pihak asing sengaja mengarahkan pengungsi ke Aceh sebagai tempat persinggahan sementara.

Berdasarkan analisis Kemenlu, imigran itu awalnya terkonsentrasi di kamp pengungsian di Bangladesh.

Namun, lokasi itu saat ini sudah kelebihan kapasitas. Banyak pengungsi kemudian berupaya mencari suaka ke Malaysia lewat kelompok-kelompok kecil atau sindikat perdagangan manusia.

Pengungsi itu rela membayar sejumlah uang untuk bisa melakukan perjalanan lewat laut dengan tujuan utama ke Malaysia.

Di atas kapal, mereka dibekali alat GPS yang langsung terkoneksi ke sejumlah lembaga internasional, baik itu LSM maupun kedutaan besar.

“Mereka punya koneksi dan jaringan di Aceh. Mereka dipandu dengan GPS. Indonesia ini jadi lokasi mereka sementara. Mereka melakukan drop out lalu mereka diselundupkan ke Malaysia oleh kelompok-kelompok kecil,” kata Direktur Hak Asasi Manusia (HAM) Kemlu RI, Achsanul Habib, saat rapat dengan DPR Aceh, Rabu, 4 Januari 2023.(*)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here