Monday, 29 April 2024
HomePolitikRibuan Orang Gugur Seleksi PPS KPU di Kabupaten Bogor

Ribuan Orang Gugur Seleksi PPS KPU di Kabupaten Bogor

Bogordaily.net–  Sebanyak 3.152 calon Panitia Pemungutan Suara () mengikuti tes Computer Assisted Test (CAT) yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor. Jumlah ini merupakan hasil seleksi dari sekitar lima ribuan pendaftar.

“Dari lima ribuan orang pembuat akun pelamar di SIAKBA, yang menuntaskan proses hingga berkas diterima sebanyak empat ribuan orang, lalu yang melengkapi berkas dan memenuhi syarat 3.152 sehingga dinyatakan lolos administrasi untuk bisa ikut CAT. Jadi ada ribuan orang yang tidak lulus seleksi dan gugur di tengah proses seleksi,” ujar anggota KPU Bogor Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM, Herry Setiawan, Selasa, 10 Januari 2023.

Kemudian sebanyak 102 orang tidak hadir dalam CAT di IPB University, Dramaga, Senin 9 Januari 2023. Jumlah pelamar itu dipastikan tidak dapat mengikuti tes berikutnya yakni wawancara. CAT ini dilaksanakan mulai 9 Januari 2023 sampai 14 Januari 2023.

“Dari total 568 peserta yang tidak hadir 102 orang dan kemungkinan akan bertambah lagi seiring keseriusan pelamar menjadi ,” kata Herry.

Ia menyebut ada beberapa desa yang dikhawatirkan kurang dari tiga orang untuk menjadi . Pelamarnya hanya empat sampai lima orang. Jumlah ini berbanding terbalik dengan pemilih di Tegar Beriman yang diprediksi mencapai hampir empat juta orang.

“Pemilih kita besar dan masif, tetapi pelamar menjadi penyelenggara pemilu minim. 1 desa ada yang hanya 3, 4 atau lima orang. Padahal pengumuman sudah disebar di tiap kecamatan beserta tanggal pelaksanannya dan di sosial media KPU serta sejumlah media mainstream cetak dan elektronik, tapi tetap saja minim pelamar,” jelasnya.

KPU kemudian meminta PPK yang sudah dilantik untuk mengawal para pelamar dan mengikuti semua tahapan proses seleksi hingga tuntas.

“Kami sudah perintahkan agar PPK mengawal pelamar hingga ke lokasi CAT, jika diperlukan PPK menjemput ke rumah pelamar agar jumlah yang dibutuhkan terpenuhi dan pastikan tidak kurang dari tiga pelamar tiap desa,” ungkapnya. (Ruslan)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here