Monday, 29 April 2024
HomeBeritaSalah Satunya Jalan Kaki, Ini Cara Turunkan Risiko Penyakit Jantung

Salah Satunya Jalan Kaki, Ini Cara Turunkan Risiko Penyakit Jantung

Bogordaily.net–  Serangan Jantung merupakan kondisi otot jantung tidak mendapat aliran darah. Kondisi ini mengganggu fungsi jantung untuk mengedarkan darah ke seluruh tubuh. ternyata dapat diturunkan. Artinya, risiko penyakit ini cukup mengintai bagi seseorang dengan ayah atau ibu yang memiliki riwayat .  Risiko salah satunya adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Dirangkum Your Say.id dari halodoc, berikut adalah beberapa untuk menjaga kesehatan jantung.

Berjalan Kaki

Berjalan kaki adalah salah satu cara untuk meningkatkan pernapasan dan detak jantung. Namun sering kali kita merasa malas untuk membiasakannya. Misalnya ketika belanja di minimarket di dekat rumah, alih-alih berjalan kaki justru kita memilih menggunakan motor untuk sampai ke tempat yang tidak terlalu jauh.

Mengonsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan sehat juga bisa membantu menurunkan risiko . Jenis makanan yang disarankan adalah sayur dan buah-buahan. Selain kaya akan nutrisi, mengonsumsi sayur dan buah yang bervariasi bisa membantu menjaga kesehatan jantung.

Mengurangi Gula Tambahan

Pria disarankan untuk membatasi asupan gula tambahan hanya sekitar 36 gram dalam satu hari. sementara pada wanita, asupan gula tambahan yang aman untuk dikonsumsi dalam satu hari adalah sekitar 25 gram. Jumlah gula tambahan yang dikonsumsi sangat berkontribusi terhadap berbagai penyakit, seperti , diabetes dan obesitas. Maka semakin sedikit asupan gula yang masuk ke dalam tubuh, semakin menurun risiko penyakit menyerang.

Cukup Tidur

Memiliki tidur yang cukup dan berkualitas merupakan hal yang penting dalam menjaga kesehatan jantung. Sering begadang disebut berkaitan dengan naiknya tekanan darah, sementara saat tidur tekanan darah cenderung menurun. Semakin sering begadang, tekanan darah menjadi lebih tinggi dan dalam jangka panjang bisa menyebabkan . ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here