Friday, 3 May 2024
HomeBeritaSepak Terjang Jeonnam Dragons, Klub Baru Asnawi Mangkualam di K League 2

Sepak Terjang Jeonnam Dragons, Klub Baru Asnawi Mangkualam di K League 2

Bogordaily.net–  kini resmi menjadi klub baru tempat berkiprah di dunia sepak bola. Setelah hengkang dari Ansan Greeners, Asnawi pun kini berseragam sesama tim K League 2, Jeonnam Dragons. Berikut ulasan tentang, Jeonnam Dragons, klub K League 2 di .

Melansir Bola.net, Jeonnam Dragons memiliki sejarah lebih panjang dibanding Ansan Greeners. Klub yang bermarkas di Gwang-Yang Stadium itu berdiri pada 16 Desember 1994 atau sudah hampir 30 tahun dan berada di kompetisi .

Pelatih pertama Jeonnam Dragons yakni Jeong Byung-tak merupakan mantan pemain sekaligus pelatih Timnas yang terkenal pada tahun 1960-an. Jeong Byung-tak menangani Jeonnam Dragons selama dua musim hingga 1996. Sebelumnya dia pernah menangani Yonsei University sejak 1984 hingga 1992.

Pada tahun 1997, atau tiga tahun setelah berdiri, Jeonnam Dragons pernah mencatatkan rekor tak terpecahkan. Catatan tak terkalahkan tersebut dibukukan dalam 21 pertandingan.

Jeonnam Dragons finis di posisi kedua klasemen akhir K League 1 pada musim 1997/1997. Mereka mengumpulkan 36 poin dari 18 pertandingan dan hanya kalah satu poin dari Busan I Park yang memuncaki klasemen.

Jeonnam Dragons pernah mewakili di ajang Piala Winners Asia. Turnamen tersebut mempertemukan pemenang kompetisi domestik di bawah naungan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

Mereka mengambil bagian pada Piala Winners musim 1998/1999 dan merebut posisi sebagai runner-up.

Jeonnam Dragons kemudian menjadi juara kedua setelah mengalahkan klub Arab Saudi, Al-Ittihad di partai puncak. Jeonnam Dragons takluk dengan skor 2-3.

Berada di Divisi Kedua, Jeonnam Dragons memiliki prestasi mentereng di antaranya pernah menang Piala FA sebanyak 4 kali.

Sebelumnya diberitakan resmi bergabung dengan Jeonnam Dragons dan meninggalkan Ansan Greeners, sesama klub sepak bola di K League 2 .

“Terima kasih @ansan_greeners_fc,” tulis dalam unggahan di akun Instagram-nya @asnawi_bhr, Jumat, 27 Januari 2023.

Unggahan tersebut mendapat reaksi termasuk dari Ansan Greeners yang menuliskan, “See u Asnawi,” tulis @ansan_greeners_fc.

Di laman media sosialnya, Ansan Greeners juga mengucapkan terima kasih kepada pemain Timnas Indonesia itu selama berada di Ansan.

“Saya ingin berterima kasih kepada Asnawi karena telah beradaptasi dengan cepat ke ASEAN Quarter untuk pertama kalinya di K League selama dua tahun terakhir, dan yang mengesankan penggemar sepak bola K League dan penggemar Ansan Greeners FC. Sekali lagi terima kasih atas semangat dan dedikasi Anda kepada tim di Ansan, dan kami akan mendukung masa depan Asnawi,” ungkap Ansan Greeners.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here