Monday, 29 April 2024
HomeKota BogorSMA Bina Insani Bantu Siswa Memilih Jurusan Sesuai Minat dan Bakatnya

SMA Bina Insani Bantu Siswa Memilih Jurusan Sesuai Minat dan Bakatnya

Bogordaily.net – SMA Bina Insani menghelat Webinar Penguatan Pilihan Jurusan Perguruan Tinggi dan Penyelarasan Minat, Bakat dan Kemampuan Siswa Kelas XII dan Orang Tua. Kegiatan yang dilaksanakan sebagai tahapan bagi orang tua dan bagi siswa dalam proses pemilihan jurusan setelah SMA, sesuai dengan jalur seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri () secara daring melalui platfrom Zoom pada Senin, 16 Januari 2023.

Webinar yang diperuntukkan khusus bagi orang tua dan siswa kelas XII ini dibuka oleh Eko Ariyanto, Vice Director Academic Development .

Eko memaparkan, bahwa membuka kesempatan seluas-luasnya kepada siswa untuk mendaftar ke Perguruan Tinggi Negeri.

“Salah satu upaya kami dalam membuka kesempatan untuk siswa masuk ke adalah kami sudah melakukan audiensi untuk menginisiasi jalur kerja sama dengan beberapa ,” kata Eko Ariyanto.

Lanjutnya, ia menjelaskan beberapa yang sudah bekerja sama dengan Bosowa.

yang sudah bekerja sama dengan diantaranya IPB University, Universitas Gadjah Mada, Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, dan Universitas Hasanudin,” ungkapnya.

Hadir pula pada webinar ini Sagita Destirani, S.T, M.T seorang Genethic Personality Consultant.

Sagia hadir untuk menggambarkan resiko yang akan diterima oleh siswa ketika ia memilih jurusan yang tidak sesuai dengan fitrah atau keadaan bawaan dirinya.

Gita menyampaikan, terdapat ada dua cara untuk mengetahui minat dan bakat seseorang yaitu secara psikometrik dan biometrik.

“Kita perlu mengenali dulu bagaimana kondisi bawaan seseorang untuk menentukan kemana pilihan jurusannya. Ketidaksesuaian kondisi bawaan termasuk di dalamnya minat, bakat dan kemampuan dengan pilihan jurusannya di perguruan tinggi akan terus berimbas pada pengembangan karirnya di dunia kerja,” imbuh gita dalam materinya.

Diketahui pemilihan Jurusan di Perguruan Tinggi adalah hal yang krusial bagi siswa kelas XII SMA.

Kebingungan seringkali terjadi pada saat menentukan pilihannya. Belum lagi perbedaan minat siswa dengan harapan orang tua.

Dengan alasan itu dan menyiasati gesekan yang terjadi dalam penentuan pilihan jurusan di Perguruan Tinggi tersebut, SMA Bina Insani melakukan penyelarasan minat, bakat, kemampuan siswa dan orang tua.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here