Sunday, February 5, 2023
HomeTokohSosok Chris Hipkins, PM Selandia Baru Gantikan Jacinda Ardern

Sosok Chris Hipkins, PM Selandia Baru Gantikan Jacinda Ardern

Bogordaily.net–  Setelah Perdana Menteri (PM) Selandia Baru Jacinda Ardern mengundurkan diri pekan lalu, Chris Hipkins ditunjuk menggantikannya. Hipkins merupakan satu-satunya nominasi yang digadang-gadang jadi pengganti Jacinda Ardern. Berikut sepak terjang Chris Hipkins yang akan menjadi PM Selandia Baru mulai 7 Februari 2023 mendatang.

Chris Hipkins lahir pada 5 September 1978 di Wellington, Selandia Baru. Ia bersekolah di Waterloo Primary School, Hutt Intermediate, dan Hutt Valley Memorial College (dikenal sebagai Petone College) dan menjadi Kepala Sekolah pada tahun 1996.

Ia kemudian melanjutkan menyelesaikan gelar Bachelor of Arts jurusan Politik dan Kriminologi di Victoria University.

Melansir Bisnis.com, setelah lulus Hipkins bekerja di sektor pelatihan industri. Sebelum menjadi anggota parlemen, dia juga bekerja di parlemen, sebagai Penasihat Senior, lalu Menteri Pendidikan dan kemudian di kantor Perdana Menteri Helen Clark. Selanjutnya, dia masuk parlemen pada tahun 2008 dan menjadi juru bicara pendidikan pada awal tahun 2013.

Ia menekankan keadilan sosial dan percaya bahwa setiap warga Selandia Baru harus memiliki kesempatan untuk mencapai potensi penuh. Selain itu, Hipkins adalah pendukung setia dan pembela sistem pendidikan publik, serta percaya bahwa pendidikan yang gratis dan berkualitas adalah hak setiap anak.

Ia kini tinggal di Upper Hutt dan sebagai penggemar aktivitas luar ruangan. Hipkins sangat menyukai bersepeda gunung, berjalan-jalan, dan berenang. Dia selama ini dikenal sebagai karakter yang menyenangkan dan memiliki selera humor.

Sebelumnya Hipkins merupakan Menteri Pendidikan, Menteri Gugus Tugas Covid-19, Menteri Pelayanan Masyarakat dan Ketua DPR.

Ia menjabat sebagai Menteri Kesehatan sejak Juli hingga November 2020, dan Menteri Penanggulangan Covid-19 dari November hingga Juni 2022. Ia mendapat pujian untuk masa jabatannya yang hampir 2 tahun sebagai menteri tanggap Covid-19 di Selandia Baru, seperti dilansir dari CNA.

Kebijakannya menutup perbatasan negara untuk mencegah virus corona, dan baru dibuka kembali sepenuhnya pada Agustus tahun lalu. Selain itu, dia juga menjabat sebagai anggota parlemen mewakili Remutaka (dulunya bernama Rimutaka) sejak pemilu 2008.

Chris Hipkins. (Instagram/@
chrishipkinsmp/Bogordaily.net)

Diberitakan sebelumnya, Perdana Menteri (PM) Selandia Baru Jacinda Ardern mengundurkan diri pekan lalu. Posisinya digantikan oleh Chris Hipkins.

Dikutip dari CNN Indonesia, Chris Hipkins mengatakan jabatan Perdana Menteri merupakan keistimewaan dan tanggung jawab terbesar dalam hidupnya. Mantan Menteri Covid-19 itu pun sangat antusias.

“Saya bersemangat dan antusias dengan tantangan yang ada di depan,” kata Hipkins seperti dilaporkan Channel News Asia.

Hipkins juga mengakui kepemimpinan PM Selandia Baru sebelumnya Jacinda Ardern, merupakan salah satu perdana menteri terhebat di negaranya dan menjadi inspirasi bagi perempuan dan anak perempuan di mana pun.

“Dia menyuarakan orang-orang yang sering diabaikan pada saat tantangan dan dengan sengaja berpolitik dengan cara berbeda,” kata Hipkins.

Pria yang akrab disapa Chippy ini membangun reputasi atas kompetensinya menangani Covid-19. Ia juga menjadi pemecah masalah bagi Ardern saat menteri kabinet lain mengalami kesulitan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terbaru

Gabung dengan Kami

Loker Bogor Daily

Invitation Investor Gathering

Anton S Suratto

Perumda Tirta Pakuan

PAN Jawa Barat

Harlah PPP

Dirgahayu PDI Perjuangan

RSUD Ciawi

RSUD Leuwiliang

Antam

Harlah 1 Abad Nahdlatul Ulama

Perumda Tirta Kahuripan

Sienna Residence bogor

UIKA Bogor