Saturday, 27 April 2024
HomeBeritaSosok Matteo Denaro, Bos Mafia Italia yang Ditangkap Setelah Buron 30 Tahun

Sosok Matteo Denaro, Bos Mafia Italia yang Ditangkap Setelah Buron 30 Tahun

Bogordaily.net–  Matteo Messina Denaro yang dikenal sebagai bos ditangkap Polisi , Senin, 16 Januari 2023. Penangkapan dilakukan setelah Denaro buron selama 30 tahun. Berikut profil Matteo Denaro sang mafia , salah satu buron paling dicari di dunia.

Melansir Kumparan.com dari AFP, Denaro lahir di Kota Castelvetrano, Sisilia, pada 26 April 1962. Ia terlahir dari keluarga mafia yang sangat kuat dan berpengaruh di . Bahkan ia sudah mulai menggunakan senjata pada usia 14 tahun.

Demi meraih puncak kekuasaan mafia di , Denaro menjalani peran sebagai algojo. Ia melakukan aksi pembunuhan pertamanya pada usia 18 tahun.

Seiring perjalanannya, Denaro dikenal sebagai salah satu algojo tersadis. Ia pun akhirnya naik ke pucuk utama pimpinan mafia . Alhasil, Denaro semakin tajir dan sering memamerkan kekayaan pribadinya yang diperkirakan mencapai Rp49,6 triliun.

Sedangkan kekayaan kelompok mafia yang dipimpinnya dipercaya memiliki keuntungan lebih dari Rp1,6 kuadriliun dalam setahun. Jumlah tersebut setara dengan tujuh persen dari total Produk Domestik Bruto (PDB) .

Sementara itu di tengah kekayaannya, Denaro sudah lama menjadi buronan. Ia menjadi otak di balik tuduhan perdagangan narkoba, perdagangan ilegal, pemerasan hingga pembunuhan.

Dan yang paling menjadi perhatian saat Denaro terlibat dalam pembunuhan dua jaksa anti-mafia yaitu Giovanni Falcone dan Paolo Borsellino pada 1992 lalu.

Setahun berselang, ia diancam hukuman penjara seumur hidup atas serangan bom di Florence, Roma, dan Milan yang menewaskan 10 orang dan melukai 93 orang lainnya.

Pada tahun yang sama, Denaro ikut serta membantu penculikan seorang anak laki-laki berusia 12 tahun, Giuseppe Di Matteo. Penculikan dilakukan agar ayah dari Matteo tidak memberikan bukti yang dapat memberatkan kelompok mafia yang dipimpinnya.

Dari beragam aksi kriminalnya, korban pembunuhan yang dilakukan Denaro dapat mencapai 50 orang.  Ia kemudian divonis hukuman penjara seumur hidup in absentia atau tanpa kehadiran tergugat saat persidangan.

Pelarian Denaro mulai terbongkar saat polisi menangkap salah satu gembong mafia lainnya Bernardo Provenzano dan Salvatore Lo Piccolo.

Tak hanya itu beberapa keluarga Denaro juga ditangkap sejak 2009 lalu karena diduga membantunya agar tidak tertangkap.

Kemudian pada 2021 lalu, seperti dikutip dari Reuters, Denaro masuk dalam daftar 10 buronan paling dicari Interpol Eropa (Europol).

Sebelumnya diberitakan selama 30 tahun buron, Matteo Messina Denaro yang dikenal sebagai bos mafia ditangkap Polisi , Senin, 16 Januari 2023.

Penangkapan terhadap bos mafia paling dicari di Erpa itu dilakukan dalam operasi khusus di klinik kesehatan di Palermo yang menjadi tempat sang mafia menjalani perawatan medis. Hal itu diungkapkan Jaksa di , Maurizio de Lucia.

Penangkapan Denaro menyedot perhatian dan pujian dari berbagai pejabat. Kepala polisi , Lamberto Giannini, mengaku tindakan tersebut sebagai kesuksesan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here