Friday, 26 April 2024
HomeBeritaTak Sekedar Melepas Penat, Ini 6 Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan

Tak Sekedar Melepas Penat, Ini 6 Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan

Bogordaily.net merupakan salah satu kegiatan yang dapat dijadikan sebuah hobi dan sarana hiburan. Selain itu, ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Di tengah padatnya aktivitas, tak heran banyak orang memilih untuk karena kegiatan ini dapat dilakukan di mana pun dan kapan pun.

Musik juga menyediakan berbagai pilihan genre seperti pop, jazz, klasik, blues, dan lain sebagainya.

Bahkan beberapa penelitian menyebut bahwa dampaknya bisa mengurangi stres, meningkatkan kecerdasan otak hingga produktivitas.

Berikut adalah beberapa manfaat atau keuntungan dari sebagaimana dilansir dari berbagai sumber.

1. Meningkatkan suasana hati

Salah satu keuntungan utama dari hobi adalah meningkatkan mood atau suasana hati.

dapat melepaskan dopamin, hormon yang menimbulkan perasaan senang. Kesenangan ini pun sama halnya ketika kita mengonsumsi makanan lezat atau berhubungan seks.

2. Melepaskan stres

Manfaat lain dari hobi adalah dapat melepaskan stres. Ini berhubungan dengan kondisi kesehatan mental seseorang.

Ketika tubuh sedang , maka pelepasan hormon kortisol – penyebab stres – dapat ditekan. Kemudian muncul dopamin dan serotonin yang dilepaskan otak, sehingga tingkat stres berkurang dan membuat kita merasa lebih baik.

3. Mengatasi gangguan tidur

Jika Anda mengalami gangguan tidur, seperti insomnia, musik bisa menjadi solusi untuk mengatasinya. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang sebelum tidur memiliki kualitas tidur yang lebih baik daripada yang tidak mendengarkan musik.

Musik dapat membuat tubuh dan pikiran terasa lebih rileks, sehingga memudahkan Anda untuk terlelap. Namun, pilihlah musik dengan alunan yang lembut dan pelan. Selain itu, hindari mendengarkan musik menggunakan headset atau earphone sebelum tidur.

4. Membantu pemulihan stroke

Stroke merupakan penyakit yang dapat menyebabkan kelumpuhan, bahkan kematian. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa musik dapat membawa dampak positif bagi proses pemulihan stroke.

Pasien yang menjalani pengobatan stroke beserta terapi musik terlihat mengalami pemulihan yang lebih baik dalam menggerakkan anggota tubuh bagian atas. Namun, hal ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Musik memiliki efek pada otak, dan kekhawatiran serta stres memiliki efek pada sistem kekebalan tubuh. Musik memiliki dampak langsung pada diagnostik dan kadar hormon karena efek emosional dan psikologisnya.

Mendengarkan dan memainkan musik bisa meningkatkan kemanjuran sistem kekebalan dengan meningkatkan pembentukan antibody immunoglobulin A dan sel pembunuh alami, yang menargetkan virus yang menyerang.

6. Meningkatkan kreativitas

Musik bahagia bisa meningkatkan kreativitas dengan memicu pelepasan dopamin, zat kimia otak yang berhubungan dengan kesenangan. Musik bahagia yang membangkitkan emosi yang kuat, khususnya, meningkatkan kreativitas. Ini meningkatkan jumlah ide secara spesifik.

Musik harus memiliki dampak emosional yang kuat serta ketukan yang menarik.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here